Blog

buah penurun darah tinggi

5 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi, buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang perlu dikonsumsi. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Apa saja buah penurun darah tinggi?

Buah yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi. Apa saja buah-buahan yang mengandung nutrisi tersebut? Berikut daftar buah penurun darah tinggi serta manfaatnya.

1. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah penurun darah tinggi yang ampuh. Dalam satu buah kiwi, terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Meski rasanya sedikit masam, namun manfaatnya sangat penting untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, masukkan kiwi dalam daftar buah untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Pisang

Selain harganya terjangkau dan mudah ditemukan, pisang juga merupakan salah satu buah penurun darah tinggi yang dianjurkan. Dalam satu buah pisang ukuran sedang, mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, serta 12 % kalium yang dibutuhkan setiap hari. Tidak hanya untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Oleh karena itu, konsumsi pisang secara rutin, setidaknya 1 buah sebagai sarapan atau camilan sehat Anda.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak baik, vitamin, dan mineral, yang efektif untuk membantu menurunkan darah tinggi. Dalam satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang dibutuhkan setiap hari. Selain tinggi lemak baik dan mineral, alpukat juga mengandung karotenoid yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Saat mengupas alpukat, pastikan Anda mengupasnya secara hati-hati, karena kulit alpukat ternyata mengandung berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan.

4. Buah beri

Buah penurun darah tinggi berikutnya adalah jenis buah berry, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry. Buah berry, terutama blueberry, diketahui mengandung senyawa flavonoid. Menurut penelitian, senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi, serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi jenis buah berry secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. 

5. Buah bit

Tahukah Anda, buah bit ternyata masuk dalam daftar buah penurun darah tinggi yang ampuh. Penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association menemukan bahwa konsumsi jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London menjelaskan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah, sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Penelitian lainnya yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada 2013 juga menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik partisipan yang minum jus bit dan apel dapat menurun setelah 6 jam, terutama pada partisipan pria.

Hal ini dikarenakan kandungan nitrat dalam buah bit ternyata memang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi buah bit dalam berbagai cara, misalnya dibuat jus, ditambahkan pada sereal sarapan Anda, dibuat salad, serta dipanggang bersama sayuran.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout