Blog

jus penurun darah tinggi

4 Jus Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah atau hipertensi tidak boleh disepelekan. Untuk mencegah komplikasi yang berbahaya, tekanan darah perlu dikontrol agar tetap stabil. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jus penurun darah tinggi.

Tekanan darah harus ditangani untuk menurunkan risiko terjadinya komplikasi, seperti serangan jantung dan stroke. Ada beberapa jus penurun darah tinggi yang bisa mencegah komplikasi hipertensi. Berikut beberapa di antaranya.

Jus Penurun Darah Tinggi yang Direkomendasikan

Salah satu cara efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi makanan atau minuman penurun darah tinggi. Salah satunya adalah jus buah. Hal ini dikarenakan buah mengandung serat, kalsium, dan magnesium, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Berikut beberapa jenis jus penurun tekanan darah yang dapat dikonsumsi:

1. Jus Tomat

Jus tomat adalah salah satu minuman yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan potasium yang ada di dalam tomat. Mengonsumsi setidaknya satu gelas jus tomat setiap hari dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Jus Berry

Jus penurun tekanan darah berikutnya adalah jus berry, misalnya blueberry. Jenis buah ini diketahui banyak mengandung senyawa flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah.

3. Jus Bit

Buah bit juga merupakan salah satu buah yang bisa menurunkan tekanan darah, terutama jika dijadikan jus. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat dalam buah bit. Kandungan ini akan diubah tubuh menjadi nitrit oksida, yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah.

4. Jus Delima

Delima juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat delima adalah dengan dijadikan jus. Hal ini dikarenakan delima memiliki efek antiinflamasi yang cukup kuat, sehingga baik untuk memelihara kesehatan sistem kardiovaskular.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Selain mengonsumsi jus penurun darah tinggi di atas, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat. Selain mencegah darah tinggi, menerapkan gaya hidup sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang direkomendasikan untuk Anda:

1. Mengurangi konsumsi garam

Jika Anda mengalami darah tinggi, pastikan untuk membatasi asupan garam dalam makanan Anda. Dengan mengurangi asupan garam sedikit saja, diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, serta menurunkan tekanan darah sekitar 5-6 mmHg.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, rendah kolesterol, rendah lemak, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta susu rendah lemak, secara rutin. Mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga 11 mmHg jika Anda mengidap hipertensi.

3. Mengurangi kafein

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah mengurangi asupan kafein. Efek kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg pada orang yang jarang mengonsumsinya. Namun, pada beberapa orang yang sering mengonsumsi kafein, hanya berdampak sedikit pada kenaikan tekanan darah. Meski demikian, jika Anda mengidap hipertensi, sebaiknya batasi asupan kafein.

4. Mengurangi alkohol

Mengurangi alkohol juga sangat penting untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini dikarenakan alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah, serta mengurangi efektivitas obat darah tinggi yang Anda minum. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi, mengonsumsi alkohol justru bisa memperparah kondisi kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout