Blog

cara menurunkan darah tinggi

4 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Hipertensi bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti genetik dan gaya hidup tidak sehat. Bagaimana cara menurunkan darah tinggi?

Meski tidak bisa disembuhkan, hipertensi bisa dikontrol dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah cara menurunkan darah tinggi yang efektif tanpa menggunakan obat resep dokter. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Ketika Anda mengalami tekanan darah tinggi, salah satu cara untuk menurunkannya secara alami adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain mencegah darah tinggi, menerapkan gaya hidup sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang direkomendasikan untuk Anda:

1. Mengurangi konsumsi garam

Ketika seseorang terkena tekanan darah tinggi, maka hal utama yang perlu segera dilakukan adalah menghindari asupan atau makanan yang bisa menyebabkan darah tinggi. Salah satunya adalah makanan yang mengandung natrium atau garam. Oleh karena itu, jika Anda mengalami darah tinggi, pastikan untuk membatasi asupan garam dalam makanan Anda. Dengan mengurangi asupan garam sedikit saja, diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, serta menurunkan tekanan darah sekitar 5-6 mmHg.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi garam atau natrium tidak lebih dari 2.300 mg atau setara dengan satu sendok teh per hari. Namun, jika Anda memiliki riwayat darah tinggi, sebaiknya konsumsi garam atau natrium tidak lebih dari 1.500 mg per hari.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Selain mengurangi garam, Anda juga perlu mengonsumsi makanan penurun darah tinggi yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, rendah kolesterol, rendah lemak, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta susu rendah lemak, secara rutin. Mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga 11 mmHg jika Anda mengidap hipertensi. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalium, seperti alpukat, tomat, kentang, pisang, serta berbagai ikan laut. Hal ini dikarenakan kalium berfungsi untuk mengurangi efek natrium pada tekanan darah di dalam tubuh Anda.

3. Mengurangi asupan kafein

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah mengurangi asupan kafein. Efek kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg pada orang yang jarang mengonsumsinya. Namun, pada beberapa orang yang sering mengonsumsi kafein, hanya berdampak sedikit pada kenaikan tekanan darah. Meski demikian, jika Anda mengidap hipertensi, sebaiknya batasi asupan kafein. Agar lebih aman, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai efek kafein pada tubuh Anda.

4. Mengurangi konsumsi alkohol

Mengurangi alkohol juga sangat penting untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini dikarenakan alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah, serta mengurangi efektivitas obat darah tinggi yang Anda minum. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi, mengonsumsi alkohol justru bisa memperparah kondisi kesehatan Anda. Dengan mengurangi alkohol, tekanan darah berpotensi menurun hingga 4 mmHg.

Selain melakukan beberapa kebiasaan sehat di atas, Anda juga perlu berolahraga secara teratur, menghentikan kebiasaan merokok, menghindari stres, tidur yang cukuo, serta menjaga berat badan tetap ideal. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout