Blog

apa saja kandungan vitamin B kompleks dan manfaatnya? Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Vitamin B Kompleks Mengandung Apa Saja? Ketahui Jenis dan Manfaatnya

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Ada beragam vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi dan kesehatan tubuh. Salah satu vitamin esensial yang perlu dicukupi kebutuhannya setiap hari adalah vitamin B kompleks. Ketahui lebih lanjut mengenai kandungan vitamin B kompleks dan manfaatnya untuk tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks harian, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B kompleks. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks untuk mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks yang kurang dari makanan. Lalu, apa saja kandungan vitamin B kompleks dan manfaatnya? Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Kandungan Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya

Vitamin B kompleks terdiri dari delapan jenis, yaitu vitamin B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B3 atau niasin, B5 atau asam pantotenat, B6 atau piridoksin, B7 atau biotin, B9 atau asam folat, dan B12 atau kobalamin. Berikut beragam kandungan vitamin B kompleks beserta manfaatnya yang perlu diketahui:

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet atau memiliki gaya hidup tidak sehat, misalnya gemar mengonsumsi karbohidrat atau makanan manis, merokok, minum alkohol, dan sering mengonsumsi makanan instan. Vitamin B1 berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang diperlukan ketika Anda kelelahan. Selain itu, vitamin B1 bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sistem saraf, sehingga dapat meningkatkan kerja tubuh dan pikiran.

2. Vitamin B2

Olahan makanan yang digoreng memang nikmat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan. Kandungan lemak atau lipid yang tinggi dalam makanan yang digoreng berisiko menumpuk di tubuh, sehingga menyebabkan obesitas. Tidak hanya obesitas, mengonsumsi gorengan secara berlebihan berisiko kanker. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko obesitas dan kanker akibat sering mengonsumsi gorengan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B2 yang bermanfaat untuk metabolisme lipid, termasuk metabolisme lipid peroksida untuk mencegah beragam gangguan kesehatan.

Vitamin B2 juga bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit, membran mukosa, rambut, dan kuku. Jika Anda bermasalah dengan jerawat atau mengidap stomatitis, dianjurkan untuk meningkatkan asupan vitamin B2 dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B2, misalnya sayuran hijau, daging, kacang-kacangan, telur, roti, dan susu.

3.  Vitamin B3

Vitamin B3 adalah vitamin yang larut dalam air dan ditemukan dalam beragam makanan, misalnya daging merah, ikan, biji-bijian, beras merah, dan sereal. Ada beragam manfaat vitamin B3 yang penting untuk tubuh, misalnya meningkatkan fungsi enzim, mengubah makanan menjadi energi, dan meningkatkan fungsi sistem saraf, pencernaan, dan kulit.

4. Vitamin B5.

Vitamin B5 atau asam pantotenat berperan penting untuk membantu tubuh menggunakan protein dan lemak. Ada beragam manfaat vitamin B5 yang tidak boleh dilewatkan, misalnya mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, meningkatkan produksi hormon seks, meningkatkan efektivitas vitamin lain, seperti riboflavin, dan meningkatkan produksi sel darah merah dan kolesterol. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B5 harian, konsumsi makanan yang mengandung vitamin B5, misalnya alpukat, daging, brokoli, kacang-kacangan, dan susu.

5. Vitamin B6

Kandungan vitamin B kompleks berikutnya adalah vitamin B6. Vitamin ini menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, misalnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung proses metabolisme asam amino, dan memperkuat otot. Vitamin B6 juga berperan penting untuk metabolisme protein, sehingga bisa diubah menjadi energi. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6 harian, terutama jika Anda gemar berolahraga dan melatih ketahanan tubuh. Selain itu, vitamin B6 bermanfaat untuk mengeluarkan hormon estrogen dan memproduksi serotonin, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri akibat menstruasi. 

6. Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya mengubah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, vitamin B7 dapat meningkatkan produksi asam lemak dan meningkatkan kesehatan tulang dan rambut. Ada beragam sumber vitamin B7 alami, misalnya ikan, telur, almond, dan kacang-kacangan.

7. Vitamin B9

Vitamin B9 atau disebut dengan asam folat adalah vitamin yang penting untuk tubuh, terutama untuk ibu hamil. Vitamin B9 menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, misalnya meningkatkan produksi sel darah merah, mengurangi risiko kelainan otak dan tulang belakang, serta mendukung sel untuk memproduksi DNA. Vitamin B9 bisa ditemukan dalam beragam makanan, misalnya alpukat, jeruk, bayam, kacang-kacangan, serta hampir semua buah dan sayuran.

8. Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin adalah salah satu bagian vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dapat mengurangi risiko terkena anemia. Selain itu, vitamin B12 dapat meningkatkan fungsi dan perkembangan sel saraf dan otak dan berperan penting untuk metabolisme protein. Sumber vitamin B12 alami yang direkomendasikan, misalnya protein hewani, seperti telur, daging, kerang, hati, dan produk susu.

Kebutuhan Vitamin B Kompleks Harian

Jika kebutuhan vitamin B kompleks tidak tercukupi melalui makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan Anda mengonsumsi suplemen sesuai dengan dosis yang tepat. Berikut rekomendasi kebutuhan harian vitamin B kompleks yang perlu diketahui:

  • Vitamin B1: 1,2-1,4 mg untuk laki-laki dewasa dan 0,9-1,1 mg untuk perempuan dewasa.
  • Vitamin B2: 1,3-1,6 mg untuk laki-laki dewasa dan 1,1-1,2 mg untuk perempuan dewasa.
  • Vitamin B6: 1,4 mg untuk laki-laki dewasa dan 1,2 mg untuk perempuan dewasa.
  • Niasin: 13-15 mg untuk laki-laki dewasa dan 10-11 mg untuk perempuan dewasa.
  • Asam pantotenat: 5 mg untuk laki-laki dewasa dan 4-5 mg untuk perempuan dewasa.
  • Asam folat: 240 mikrogram untuk laki-laki dewasa dan perempuan dewasa.
  • Biotin: 50 mikrogram untuk laki-laki dan perempuan dewasa.
  • Vitamin B12: 2,4 mikrogram untuk laki-laki dan perempuan dewasa.

Untuk mengurangi risiko efek samping, pastikan Anda mengonsumsi vitamin yang rendah kandungan zat aditif. Pilih produk vitamin yang memiliki label BPOM, karena sudah terjamin aman untuk dikonsumsi.

Penuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan vitamin C setiap hari dengan Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C. Diperkaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin C, Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Beli Di sini 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout