Rumus Berat Badan Ideal dengan BMI dan Rumus Broca

Rumus Berat Badan Ideal dengan BMI dan Rumus Broca

Rumus Berat Badan Ideal dengan BMI dan Rumus Broca

Apa itu Berat Badan Ideal?

Berat badan ideal adalah berat badan yang mengindikasikan kesehatan seseorang sesuai dengan tinggi badannya. Selain itu, berat badan ideal berkaitan dengan perkiraan angka harapan hidup Anda. Meski tinggi badan menjadi standar utama, namun berat badan ideal juga ditentukan oleh faktor lain, misalnya bentuk tubuh, usia, jenis kelamin, dan massa otot.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki dan menghitung berat badan ideal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Memiliki berat badan ideal juga bisa menjadi kunci mencegah dan mengendalikan beragam penyakit. Hal ini dikarenakan kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit serius, misalnya diabetes melitus, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Sedangkan berat badan kurang bisa meningkatkan risiko, misalnya osteoporosis, anemia, dan gangguan pertumbuhan.

Namun, berat badan ideal tidak dinilai dari kerampingan tubuh seseorang, karena angkanya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya, orang dengan tinggi badan 160 cm memiliki angka berat badan ideal yang berbeda dengan orang bertinggi badan 170 cm.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah beragam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Namun, untuk mencapai berat badan ideal, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, yaitu:

 

  • Menghindari konsumsi makanan cepat saji.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.
  • Makan dengan porsi kecil.
  • Mengonsumsi camilan yang sehat dan bergizi, misalnya yogurt, kacang, dan buah.
  • Membatasi asupan kalori dari makanan atau minuman manis.
  • Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari.
  • Rutin berolahraga agar kalori yang masuk ke tubuh bisa digunakan, sehingga berat badan terkendali.
  • Jangan melewatkan sarapan. Menahan lapar akibat tidak sarapan justru menyebabkan Anda makan lebih banyak di siang hari, sehingga berat badan meningkat.
  • Menyusun meal plan. Cara ini memungkinkan Anda untuk menekan nafsu makan berlebihan dan selektif dalam memilih makanan.
  • Konsumsi makanan dengan menu yang bervariasi, yaitu 10% sumber karbohidrat, 25% protein, 50% sayur dan buah, dan 15% biji-bijian.
  • Tidur yang cukup. Dikutip dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang dewasa yang kurang tidur berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidur cukup.
  • Mengelola stres dengan tepat. Dikutip dari jurnal Current Obesity Report (2018), stres berkepanjangan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Agar stres terkendali, Anda dianjurkan untuk melakukan teknik relaksasi, misalnya meditasi atau yoga.

 

Itulah penjelasan mengenai berat badan ideal dan cara mewujudkannya. Jika Anda sudah menerapkan cara-cara menjaga berat badan ideal di atas, namun berat badan ideal belum terwujud, konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan pola makan sehat untuk membantu mewujudkan berat badan ideal. Pola makan yang direkomendasikan umumnya disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda.

 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout