Blog

rumus berat badan ideal

Rumus Berat Badan Ideal, Anda Perlu Tahu

Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menarik. Untuk memastikan apakah berat badan ideal dan sehat, Anda perlu mengetahui rumus berat badan ideal.

Rumus berat badan ideal penting untuk diketahui agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan menerapkan rumus ini, akan lebih memudahkan Anda untuk mewujudkan bentuk tubuh yang diimpikan. Berikut beberapa rumus tersebut. 

Rumus Berat Badan Ideal

Laki-laki dan perempuan memiliki karakteristik tubuh yang berbeda. Hal ini dikarenakan kerja hormon dan tingkat metabolisme yang berbeda pada laki-laki dan perempuan, memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Mempertahankan berat badan tetap ideal juga sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Jika Anda belum yakin dengan berat badan ideal, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui informasi lebih lengkap. Selain itu, untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal, berikut beberapa rumus yang bisa diterapkan sesuai usia dan jenis kelamin.

Rumus Broca

Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini menghitung berat badan ideal berdasarkan laki-laki dan perempuan. Hal ini dikarenakan laki-laki dan perempuan memiliki komposisi tubuh yang berbeda, di mana laki-laki memiliki lebih banyak massa otot, sedangkan perempuan memiliki lebih banyak lemak. Untuk menerapkan rumus ini pun sangat mudah. Berikut rumus berat badan ideal menurut Broca:

Perempuan

Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15%.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki tinggi badan 160 sentimeter, maka berat badan ideal Anda sesuai dengan rumus Broca adalah 60-9 = 51 kilogram.

Laki-laki

Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10%.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki tinggi badan 170 sentimeter, maka berat badan ideal Anda sesuai dengan rumus Broca adalah 70-7 = 63 kilogram.

Rumus Indeks Massa Tubuh (MIT)

Rumus lainnya adalah IMT atau Indeks Massa Tubuh. Dengan menerapkan rumus ini, Anda bisa mengetahui berat badan normal untuk menjaga kesehatan tubuh. Rumus yang digunakan, yaitu tinggi badan (m) dikali tinggi badan (m). Selanjutnya, berat badan (kilogram) dibagi dengan hasil perkalian tinggi badan tersebut. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki tinggi badan 170 sentimeter atau 1,70 meter dan berat badan 70 kilogram. Maka, yang pertama dihitung adalah tinggi badan kuadrat; (1,70 x 1,70) = 2,89. Lalu, bagikan berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan, yaitu 70 : 2,89 = 24,2. Berikut rincian Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk cara menghitung berat badan ideal:

  • IMT kurang dari 18,5 berarti seseorang memiliki berat badan di bawah rata-rata.
  • IMT antara 18,5 dan 24,9 berarti ideal.
  • IMT antara 25 dan 29,9 berarti kelebihan berat badan.
  • IMT di atas 30 berarti menunjukkan obesitas.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Selain mengetahui rumus berat badan ideal, Anda juga perlu menjaga berat badan ideal dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu:

  • Rutin berolahraga
  • Banyak minum air putih
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan serat

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout