Blog

Asam Folat untuk Bumil, Dukung Tumbuh Kembang Janin

Asam Folat untuk Bumil, Dukung Tumbuh Kembang Janin

Agar kehamilan tetap lancar dan perkembangan janin optimal, ibu perlu memenuhi asupan asam folat. Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bumil dan janin. Ketahui beberapa sumber asam folat untuk bumil.

Asam folat bisa ditemukan dalam sumber alami seperti berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat, serta suplemen asam folat, jika perlu. Apa saja sumber asam folat untuk bumil? Berikut beberapa di antaranya.

Sumber Asam Folat untuk Bumil

Selama kehamilan, bumil dianjurkan untuk memenuhi asupan asam folat sebanyak 600 mikrogram setiap hari. Asam folat memiliki banyak manfaat, antara lain membantu pembelahan sel yang sehat, mendukung perkembangan janin, serta mencegah risiko cacat lahir. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan tabung saraf janin sebagai pembentuk sel darah merah, serta membentuk sumsum tulang belakang bayi.

Penelitian juga menemukan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi asam folat sebelum dan setelah kehamilan, dapat menurunkan risiko autis pada bayi sebanyak 40%. Berikut beberapa sumber asam folat untuk bumil yang perlu Anda ketahui:

1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu sumber asam folat untuk bumil. Sayuran yang satu ini bisa dicoba jika bosan dengan sayuran yang itu-itu saja. Agar kandungan asam folatnya terjaga, sajikan asparagus dengan cara dikukus. Namun, pastikan jangan terlalu lama, karena bisa menghancurkan asam folat yang terkandung di dalamnya.

2. Kacang-kacangan

Selain dikonsumsi sebagai sumber asam folat, kacang-kacangan juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan asam folat, antara lain kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang walnut, dan kacang tolo. Kacang-kacangan, terutama kacang merah, juga baik dikonsumsi selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

3. Sayuran hijau

Sumber asam folat untuk bumil berikutnya adalah sayuran hijau. Antara lain, seledri, bayam, lobak, dan kangkung. Dalam satu porsi sayuran hijau, bisa memenuhi asupan asam folat harian. Selain itu, sayuran hijau juga tinggi serat, vitamin K, dan vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran hijau yang juga bisa memenuhi asupan asam folat lainnya adalah kale, selada, dan collard.

4. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan sumber asam folat yang baik. Salah satunya pepaya yang bisa menyediakan seperempat kebutuhan asam folat per hari. Selain itu, jeruk dan grapefruit juga mengandung sekitar 30-40 mikrogram asam folat. Bumil bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan dalam bentuk smoothie atau ditambahkan ke yoghurt rendah lemak agar rasanya semakin lezat.

5. Telur

Sumber asam folat yang baik untuk bumil lainnya adalah telur. Selain asam folat, telur juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, seperti protein, vitamin B12, selenium, dan riboflavin. Telur juga tinggi lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk membantu mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti degenerasi makula.

6. Biji bunga matahari

Tidak hanya sumber asam folat yang baik, biji bunga matahari juga mengandung vitamin E dan zat besi yang bisa memenuhi asupan nutrisi harian bumil. Kedua nutrisi tersebut dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan energi. Jadikan biji bunga matahari sebagai camilan sehat ibu hamil.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout