Blog

berikut beberapa bahan tradisonal yang bisa digunakan sebagai obat asam lambung alami

Pilihan Obat Asam Lambung Alami

GERD (Gastroesophageal reflux disease) terjadi ketika pencernaan terganggu. Kondisi ini ditandai dengan munculnya sensasi seperti terbakar di dada. Selain obat-obatan medis, Anda juga bisa menggunakan obat asam lambung alami untuk mengatasinya.

Asam lambung menimbulkan beberapa gejala yang membuat penderitanya tidak nyaman, seperti mual, nyeri ulu hati, dan mulut terasa asam atau pahit. Salah satu pilihan untuk mengatasinya adalah menggunakan beberapa obat asam lambung alami berikut.

Mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga rempah-rempah, berikut beberapa bahan tradisonal yang bisa digunakan sebagai obat asam lambung alami:

1. Jus lidah buaya

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, kandungan alkali dalam daun lidah buaya ternyata bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan zat alkali dan air yang tinggi dalam daun lidah buaya juga efektif untuk membantu mengatasi naiknya asam lambung yang berlebihan. Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat asam lambung adalah mengolahnya sebagai jus lidah buaya, kemudian minum tanpa tambahan gula. Agar rasanya nikmat, campurkan dengan buah-buahan segar.

2. Oatmeal

Oatmeal juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam lambung alami. Kandungan serat, asam folat, vitamin B6, dan antioksidan dalam oatmeal bermanfaat untuk menyerap asam berlebih yang ada di lambung. Jadikan oatmeal sebagai sarapan di pagi hari untuk mencegah gejala naiknya asam lambung.

3. Yoghurt

Kandungan probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai penyakit. Konsumsi yoghurt dengan menambahkan buah-buahan, seperti stroberi, pisang, dan persik, atau roti gandum.

4. Daun mint

Penelitian menemukan bahwa daun mint bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan dan mencegah produksi asam lambung berlebih. Selain itu, daun mint memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga dapat membuat pencernaan semakin nyaman dan rileks.

5. Teh adas

Teh adas merupakan pilihan obat asam lambung alami lainnya. Tanaman ini memiliki sifat antimikroba dan antivirus, sehingga banyak diolah sebagai teh herbal tradisional yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan mencegah asam lambung naik. 

6. Akar manis

Licorice atau akar manis merupakan rempah yang dipercaya dapat mencegah naiknya asam lambung yang tidak bisa dikendalikan. Akar manis juga sejak lama digunakan sebagai obat maag alami yang dapat mengatasi peradangan di sekitar lambung. Selain itu, akar manis juga dipercaya dapat menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

7. Daun kemangi

Selain dikonsumsi sebagai lalapan, tanaman rempah yang menyerupai daun mint ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung dan menjaga daya tahan tubuh. 

Daun kemangi juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus. Caranya, rebus 3-4 daun kemangi dengan sedikit air, diamkan selama beberapa menit, kemudian konsumsi secara langsung saat masih hangat untuk meredakan perut yang kembung.

8. Jahe

Food Science and Nutrition menemukan bahwa jahe adalah tanaman rempah tradisional yang efektif mengurangi gejala asam lambung. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi infeksi yang merupakan salah satu penyebab sakit perut. Sensasi hangat dari jahe juga dapat membuat kerongkongan menjadi lebih nyaman dan meredakan asam lambung.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout