Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab batuk yang tak kunjung sembuh dan cara mengatasinya berikut.

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, batuk yang tak kunjung sembuh perlu diwaspadai sebagai gejala dari suatu kondisi medis tertentu. Apa penyebab batuk yang tak kunjung sembuh dan bisakah disembuhkan?

Batuk yang terjadi terus-menerus bisa membuat penderitanya tidak nyaman dalam beraktivitas. Selain itu, batuk terus-menerus lebih dari sebulan bisa memengaruhi kondisi tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab batuk yang tak kunjung sembuh dan cara mengatasinya berikut.

Batuk Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

Batuk terus-menerus bisa disebabkan karena beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti pengidap asma, penderita asam lambung, terpapar polusi udara, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Selain itu, batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala penyakit tertentu, seperti kanker paru-paru, gagal jantung, asam lambung, dan bronkitis kronis. Terutama jika batuk disertai dengan beberapa gejala lain, seperti sakit tenggorokan, nyeri dada, sesak napas, demam, batuk berdarah, bahkan kehilangan kesadaran. 

Jika Anda mengalami batuk kronis yang disertai dengan beberapa gejala di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Kapan Harus ke Dokter?

Batuk yang berlangsung selama berminggu-minggu sebaiknya jangan diabaikan. Hal ini dikarenakan batuk terus-menerus bisa menjadi tanda adanya kondisi medis tertentu. 

Jika anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan sebelumnya, segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebabnya, sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi yang serius.

Cara Mengatasi Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk yang berlangsung lebih dari sebulan bisa disebut sebagai batuk kronis. Kondisi ini sebenarnya bukan penyakit, namun bisa merupakan tanda dari penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, penting untuk memastikan penyebab batuk terus-menerus, sehingga bisa diobati dengan tepat dan gejalanya dapat dikurangi.

Untuk memastikan penyebab batuk terus-menerus, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan, seperti CT scan, rontgen dada, tes paru, dan tes darah. Setelah dipastikan penyebabnya, dokter akan memberikan obat-obatan untuk menangani penyebab batuk kronis. Biasanya, batuk yang tak kunjung sembuh bisa mereda setelah penyebabnya diatasi.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan cara untuk meredakan batuk terus-menerus berikut:

  • Memenuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih atau teh hangat. Cairan hangat berfungsi untuk membantu mbembersihkan lendir yang menyumbat tenggorokan, sehingga efektif dalam meredakan batuk terus-menerus.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan hindari asap rokok. Hal ini dikarenakan asap rokok bisa mengendap di paru-paru dan memicu berbagai penyakit.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang bisa memicu rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Misalnya, pengidap asap lambung disarankan untuk tidak makan makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan pedas dan berminyak.
  • Memastikan kelembapan udara di rumah untuk melegakan pernapasan.
  • Mandi air hangat untuk membantu mengurangi gejala batuk. 
  • Terapi irigasi hidung yang dilakukan dengan menggunakan larutan garam bertujuan untuk membersihkan lendir dan hidung, sehingga bisa mengurangi batuk.
  • Menggunakan humidifier, terutama jika sebagian besar aktivitas Anda dilakukan di ruangan berpendingin udara.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout