Blog

obat vertigo alami

Obat Vertigo Alami: Ginkgo Biloba Hingga Teh Chamomile

Vertigo merupakan kondisi pusing secara tiba-tiba, sehingga penderitanya seolah berputar dan kehilangan keseimbangan. Meski hanya terjadi sesekali, namun gejalanya sering kambuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan obat vertigo alami. 

Vertigo disebabkan karena efek samping obat-obatan tertentu, gangguan kecemasan, dan penyakit tertentu. Selain obat-obatan medis, penderita vertigo ringan bisa menggunakan obat vertigo alami untuk mengurangi gejalanya. Berikut beberapa obat vertigo alami yang perlu Anda ketahui.

Vertigo ringan bisa diobati sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut pilihan obat vertigo alami yang bisa Anda terapkan:

1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba sejak lama dikenal sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengurangi berbagai keluhan, seperti pusing dan mual, yang merupakan gejala vertigo. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam ginkgo biloba berfungsi untuk melancarkan aliran darah di sistem pengatur keseimbangan tubuh, yaitu telinga dalam dan otak kecil.

Selain itu, ginkgo biloba dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit degeneratif, seperti Alzheimer dan demensia.

2. Banyak minum air putih

Salah satu penyebab vertigo adalah dehidrasi. Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, untuk mencegah gejala sakit kepala dan hilang keseimbangan, pastikan Anda mencukupi cairan tubuh dengan minum 8-12 gelas air putih setiap hari. 

3. Minyak esensial

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak esensial yang merupakan kombinasi dari peppermint, jahe, lavender, dan lemon balm diyakini dapat digunakan sebagai aromaterapi yang berfungsi untuk membantu mengurangi gejala vertigo, seperti sakit kepala, pusing, dan mual. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup mengaplikasikan minyak esensial secara langsung ke belakang leher atau dahi, kemudian pijat dengan lembut atau hirup minyak esensial yang sudah dimasukkan ke dalam diffuser atau wadah air hangat.

4. Teh chamomile

Teh chamomile biasanya dikonsumsi sebagai teh herbal yang secara tradisional digunakan untuk mengatasi sakit kepala, pusing, dan mual. Teh ini juga memberikan efek menenangkan dan membantu penderita vertigo untuk bisa tidur nyenyak.

5. Jahe

Jahe selalu masuk dalam daftar obat herbal yang bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk mengurangi beberapa gejala vertigo, seperti mual, muntah, dan pusing. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung dalam bentuk teh jahe hangat atau air seduhan jahe.

6. Lemon balm

Pilihan obat vertigo alami lainnya adalah lemon balm. Tanaman yang berasal dari keluarga mint ini memiliki aroma lemon dan dapat membuat penderita vertigo merasa rileks, melancarkan aliran darah di otak dan kepala, serta melemaskan otot-otot yang tegang. Lemon balm biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh herbal untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mengatasi gejala yang ditimbulkan vertigo.

Meski aman digunakan, namun hingga saat ini, efektivitas dan keamanan bahan-bahan alami di atas dalam mengobati vertigo belum bisa dipastikan dan perlu diteliti lebih lanjut.

Jika Anda sudah menggunakan berbagai obat vertigo alami di atas, namun vertigo tidak kunjung hilang, sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout