Blog

Ada beragam bahan alami yang bisa ditemukan di rumah untuk mengatasi sesak napas.

Obat Sesak Napas Alami, Efektif Kurangi Gejala

Sesak napas merupakan kondisi yang disebabkan oleh adanya gangguan pada organ jantung atau paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronis, aritmia, asma, hingga infeksi COVID-19. Salah satu pilihan untuk mengobati sesak napas adalah menggunakan obat sesak napas alami.

Ada beragam bahan alami yang bisa ditemukan di rumah untuk mengatasi sesak napas. Bahan-bahan alami tersebut diketahui bisa meredakan sesak napas secara efektif. Berikut beberapa obat sesak napas alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Berbagai jenis obat herbal untuk mengatasi sesak napas bisa Anda dapatkan di pasaran atau buat sendiri di rumah rumah. Berikut pilihan obat sesak napas alami yang bisa Anda coba:

1. Jahe

Jahe dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya mengatasi sesak napas yang disebabkan oleh asma. Manfaat jahe bahkan telah dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa senyawa yang ada di dalam jahe, yaitu shogaol dan gingerol, bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan, sehingga dapat mengatasi gejala asma, seperti batuk, mengi, dan sesak napas.

Cara menggunakan jahe sebagai obat herbal, yaitu campurkan jahe yang telah diiris tipis dengan secangkir air, rebus selama 10-20 menit, kemudian jadikan sebagai minuman jahe hangat. Agar semakin nikmat dan menyegarkan, Anda bisa menambahkan perasan air lemon, madu, atau bahan-bahan alami lainnya sesuai selera Anda.

2. Jintan hitam

Banyak penelitian menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak jintan hitam atau dikenal sebagai habbatussauda, efektif menurunkan risiko terjadinya serangan asma dan gejala yang ditimbulkannya, salah satunya sesak napas. Jintan hitam juga mengandung antioksidan yang diduga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru, serta mencegah peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh dampak paparan radikal bebas. 

3. Ginseng

Ginseng juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sesak napas alami. Ginseng memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat untuk meredakan sesak napas akibat beberapa gangguan paru-paru, seperti pneumonia dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian yang bisa memastikan efektivitas dan keamanan ginseng sebagai obat sesak napas alami.

4. Akar manis

Akar manis atau licorice biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh herbal. Tanaman ini mengandung zat glycyrrhizin yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatasi berbagai gejala gangguan saluran pernapasan, termasuk sesak napas.

Meski bahan-bahan alami di atas dipercaya berkhasiat untuk mengobati sesak napas, namun Anda tetap perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan hingga saat ini, efektivitas dan keamanan bahan-bahan alami tersebut sebagai obat sesak napas alami belum bisa dipastikan dan diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Selain itu, mengonsumsi obat sesak napas alami bersamaan dengan obat-obatan medis dapat berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya. Misalnya, mengonsumsi jahe atau ginseng bersamaan dengan obat pengencer darah, seperti warfarin, bisa meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.

Agar tetap aman untuk kesehatan Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi berbagai obat herbal untuk mengatasi sesak napas, terlebih jika Anda mengidap penyakit tertentu. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout