Blog

Obat Jerawat Alami, Efektif dan Mudah Didapatkan

Obat Jerawat Alami, Efektif dan Mudah Didapatkan

Jerawat merupakan masalah kulit yang banyak dialami orang. Salah satu cara mengatasinya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Selain itu, untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda bisa menggunakan obat jerawat alami.

Obat jerawat alami dinilai lebih aman dalam mengatasi jerawat dibandingkan obat kimia yang berisiko menimbulkan efek samping. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat? Berikut penjelasan lengkapnya.

Penggunaan obat herbal untuk mengatasi jerawat diketahui memiliki efek samping yang lebih kecil dibandingkan obat kimia. Berikut beberapa obat jerawat alami yang bisa Anda coba:

1. Bawang Putih

Kandungan zat sulfur dalam bawang putih diketahui dapat mengatasi jerawat secara efektif. Caranya, potong bawang putih kecil-kecil, kemudian aplikasikan pada jerawat atau bekas jerawat, diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung polifenol yang berfungsi untuk mengatasi jerawat pada kulit. Gunakan lidah buaya secara rutin untuk hasil yang menyeluruh pada kulit wajah. Caranya, gunakan gel lidah buaya sebagai masker, diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih.

3. Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan sebagai obat jerawat alami karena kandungan enzim lysozyme di dalamnya. Enzim tersebut efektif untuk menghilangkan jerawat. Caranya, ambil putih telur, campurkan dengan air perasan lemon. Caranya, gunakan sebagai masker, diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih.

4. Air Perasan Lemon

Lemon juga termasuk obat jerawat alami. Kandungan asam askorbat yang tinggi dalam lemon dapat mengatasi  jerawat secara efektif. Caranya, aplikasikan air perasan lemon pada wajah, diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih.

5. Mentimun

Kaya akan antioksidan, asam amino, dan vitamin, mentimun merupakan bahan alami yang baik untuk menghilangkan jerawat secara efektif. Caranya, aplikasikan sebagai masker selama 15 menit, bilas hingga bersih.

6. Cuka Apel

Cuka apel berperan sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Caranya, aplikasikan cuka apel pada wajah dengan menggunakan kapas, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

7. Tea Tree Oil

Minyak yang berasal dari Australia ini dikenal sebagai obat jerawat alami. Sifat antibakteri dalam tea tree oil berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, tea tree oil juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. 

Penelitian juga menemukan bahwa gel dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5% 4 kali lebih ampuh dalam mengurangi jerawat. Minyak ini juga 6 kali lebih efektif dalam meredakan peradangan pada kulit dibandingkan krim plasebo.

8. Teh Hijau

Tidak hanya berfungsi sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, teh hijau juga dapat digunakan sebagai obat jerawat alami. Hal ini dikarenakan senyawa flavonoid dan tanin dalam teh hijau bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Teh hijau juga mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Antioksidan ini berfungsi untuk mengurangi peradangan dan menghambat produksi sebum (minyak alami) pada wajah berjerawat.

Jika muncul efek samping, seperti reaksi alergi, gatal, atau peradangan, setelah menggunakan bahan-bahan alami di atas, hentikan penggunaannya dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout