Blog

Bisul biasanya muncul di punggung, pinggul, dan kaki. Untuk mengatasi bisul, berikut beberapa obat bisul alami yang bisa Anda coba

Obat Bisul Alami: Kompres Hangat Hingga Cuka Apel

Bisul adalah kondisi luka yang disebabkan karena terhambatnya aliran darah yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara, salah satunya obat bisul alami. 

Bisul biasanya muncul di punggung, pinggul, dan kaki. Jika tidak diobati segera, bisul bisa menimbulkan infeksi serius dan menyebar ke seluruh tubuh. Untuk mencegah hal tersebut, berikut beberapa obat alami yang bisa Anda terapkan

Untuk mengatasi bisul, berikut beberapa obat bisul alami yang bisa Anda coba:

1. Tea Tree Oil

Selain digunakan untuk mengatasi jerawat, tea tree oil juga efektif dalam mengatasi bisul. Hal ini dikarenakan tea tree oil berperan sebagai antiseptik dan antibakteri. Meski demikian, tea tree oil tidak bisa dioleskan ke kulit secara langsung. Untuk menggunakannya, sebaiknya campurkan lima tetes tea tree oil dan satu sendok teh minyak zaitun, kemudian aplikasikan ke area bisul dengan menggunakan kapas.

2. Kompres hangat

Kompres dengan menggunakan air hangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah di area bisul, sehingga bisa melawan infeksi. Caranya, basahi handuk dengan air hangat, lalu tempelkan ke area bisul selama 20 menit. Agar hasilnya optimal, pastikan suhu tidak terlalu panas atau dingin.

3. Bubuk Kunyit

Sifat antiradang dan antibakteri dalam bubuk kunyit juga dapat membantu mengobati bisul secara efektif. Caranya, campur kunyit dengan susu, rebus, dan konsumsi. Cara lainnya, campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air, kemudian oleskan ke area bisul. Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari.

4. Minyak Jarak

Kandungan asam risinolet dalam minyak jarak berfungsi untuk mengatasi peradangan. Sifat antibakteri dalam minyak jarak juga efektif dalam mengatasi bisul. Caranya, aplikasikan minyak jarak ke area bisul sebanyak tiga kali sehari hingga bisul benar-benar sembuh. 

5. Garam Epsom

Garam epsom biasanya dicampurkan ke air mandi untuk membantu membuat tubuh lebih rileks. Bahan ini juga bermanfaat untuk membantu mengobati nanah dalam bisul. Caranya, larutkan garam epsom ke air hangat, kemudian basahi handuk ke dalamnya dan aplikasikan ke area bisul selama 20 menit.

6. Madu Murni

Madu murni berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga bisa digunakan sebagai obat bisul alami. Untuk mendapatkan manfaat madu murni, berikut caranya:

  • Aplikasikan madu pada area bisul.
  • Tutup dengan kasa yang bersih.
  • Biarkan hingga esok harinya.
  • Buka, kemudian bilas hingga bersih di pagi hari.

7. Bawang Putih

Penelitian telah membuktikan bahwa kandungan antibakteri dalam bawang putih dapat mengobati bisul secara efektif. Penelitian tersebut bermanfaat untuk mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam mengatasi bisul, berikut caranya:

  • Hancurkan beberapa siung bawang putih hingga halus.
  • Kemudian, aplikasikan pada bisul selama 10 hingga 30 menit.
  • Lakukan satu hingga dua kali sehari hingga sembuh.

8. Cuka Apel

Cuka apel juga merupakan salah satu obat bisul alami yang direkomendasikan. Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan 2 sendok cuka apel.
  • Campurkan dengan 4 sendok makan air putih.
  • Celupkan kapas pada campuran tersebut.
  • Kemudian, aplikasikan pada bisul.
  • Biarkan hingga kering.
  • Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini setiap hari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout