Blog

Obat Asam Urat Alami yang Perlu Anda Ketahui

Obat Asam Urat Alami yang Perlu Anda Ketahui

Asam urat merupakan kondisi peradangan pada sendi. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi. Selain pengobatan dari dokter, Anda juga bisa menggunakan obat asam urat alami untuk mengatasi penyakit ini.

Obat asam urat alami biasanya digunakan untuk melengkapi pengobatan dari dokter. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk membantu meringankan gejala asam urat. Berikut beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba.

Penyebab Asam Urat

Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti efek penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid dan penyakit ginjal, efek samping obat-obatan dalam jangka panjang, gangguan metabolisme, hingga konsumsi makanan yang tinggi akan purin, seperti makanan laut, jeroan, dan daging merah.

Obat Asam Urat Alami

Asam urat termasuk penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, penyakit ini bisa dikontrol dengan penggunaan obat-obatan yang tepat. Penggunaan obat asam urat bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah risiko kekambuhan gejala. Beberapa jenis obat yang diresepkan dokter, antara lain obat antiinflamasi non steroid (OAINS) dan colchicine. 

Dokter juga bisa meresepkan pengobatan untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat adalah rasburicase, probenecid, dan allopurinol.

Penderita asam urat juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga berat badan tetap ideal dan berolahraga secara teratur. Selain itu, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa digunakan berikut:

1. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Buah-buahan yang direkomendasikan untuk mengobati asam urat adalah pepaya, semangka, mangga, tomat, jeruk, kiwi, jambu, dan kiwi. Sedangkan, sayuran yang direkomendasikan adalah brokoli, kembang kol, bayam, paprika, cabai, dan kentang.

2. Jahe 

Dikenal sejak lama sebagai obat herbal di Indonesia, jahe ternyata bisa digunakan untuk mengatasi asam urat. Hal ini dikarenakan jahe mengandung zat antiradang yang berfungsi untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri karena asam urat. 

Untuk menggunakan jahe sebagai obat asam urat alami, caranya, parut jahe sebanyak satu sendok makan, campurkan ke dalam air hangat. Kemudian, rendam handuk atau kain dalam air campuran tersebut, kompres ke bagian tubuh yang mengalami asam urat dengan menggunakan handuk tersebut selama 15-30 menit.

Selain itu, untuk mengurangi gejala asam urat, Anda bisa mengolahnya menjadi teh jahe dan dikonsumsi sebanyak 2-3 gelas per hari.

3. Kopi

Tahukah Anda, kopi ternyata bisa digunakan sebagai obat asam urat alami. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein, polifenol, dan mineral, yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat, serta membantu memudahkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Dengan begitu, kopi bisa mencegah pengendapan asam urat yang merusak tulang dan sendi.

Namun, kopi diketahui dapat memicu naiknya asam lambung dan kekambuhan gejala asam lambung, sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh pengidap asam lambung (GERD) atau sakit maag. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout