Blog

Informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut, baca selengkapnya di artikel ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut: Menutrisi Hingga Mengurangi Ketombe

Minyak zaitun dikenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan, misalnya mengurangi peradangan dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Namun, minyak zaitun ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ketahui lebih lanjut mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari kandungan asam palmitat, asam oleat, dan squalene, yang dapat mencegah rambut kering dan menutrisi rambut. Informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut, baca selengkapnya di artikel ini.

Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Mulai dari menutrisi rambut hingga mengatasi ketombe, berikut beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut:

  • Menutrisi rambut dan kulit kepala. Seperti disebutkan sebelumnya kandungan asam palmitat, asam oleat, dan squalene pada minyak zaitun bermanfaat untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, serta menjaga kelembapan kulit kepala.
  • Mengatasi rambut kering dan bercabang. Jika Anda bermasalah dengan rambut kering dan bercabang, minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan asam palmitat dan asam oleat pada minyak zaitun dapat menutrisi lapisan luar rambut dan menjadikan rambut halus, lembap, dan mudah diatur. Caranya, aplikasikan minyak zaitun ke ujung rambut, diamkan setidaknya 15 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.
  • Mencegah rambut mengembang. Minyak zaitun bersifat pelembap alami yang efektif mencegah kerusakan rambut dengan cara meningkatkan kelembapan kutikula rambut agar tidak kering dan mengembang.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah menebalkan rambut. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Caranya, aplikasikan minyak zaitun sebagai masker rambut setidaknya satu kali per minggu. Agar pertumbuhan rambut lebih optimal, campurkan minyak zaitun dan kuning telur.
  • Mengatasi ketombe pada bayi. Ketombe juga bisa dialami oleh bayi. Untuk mengatasinya, penggunaan minyak zaitun bisa menjadi pilihan. Caranya, aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepala bayi, selanjutnya pijat secara perlahan setidaknya 1 menit, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas rambut bayi secara perlahan dengan sampo khusus bayi.
  • Mengatasi ketombe. Kandungan pada minyak zaitun memberikan efek melembapkan pada rambut. Rambut yang lembap adalah kunci mencegah munculnya ketombe. Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikan minyak zaitun di kulit kepala, pijat kulit kepala dengan lembut, diamkan setidaknya 5 menit. Setelah itu, sisir rambut untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala, lalu bilas rambut hingga bersih dan keringkan. Untuk hasil yang optimal, kombinasikan minyak zaitun dan sampo antiketombe dengan kandungan asam salisilat dan zinc pyrithione.

Itulah beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut yang tidak boleh dilewatkan. Namun, untuk mewujudkan rambut yang sehat dan berkilau, tidak cukup hanya penggunaan minyak zaitun. Anda juga perlu menjaga kesehatan rambut dari dalam dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya meningkatkan asupan makanan kaya nutrisi untuk rambut, seperti telur, wortel, bayam, pisang, yoghurt, dan ikan berminyak. Selain itu, Anda dianjurkan untuk rutin berolahraga yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan menutrisi rambut. Jika masalah rambut yang Anda alami tidak teratasi setelah penggunaan minyak zaitun, konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk diperiksa penyebabnya, sehingga diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout