Blog

manfaat daun sirih hijau

Manfaat Daun Sirih Hijau, Bisa Cegah Berbagai Penyakit

Daun sirih selama ini dikenal hanya sebagai daun yang sering dikunyah oleh orang-orang tua saja. Namun, ternyata daun sirih hijau juga menyimpan banyak khasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Apa saja manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan?

Daun sirih sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun, masih banyak orang yang belum mengenal manfaat daun sirih hijau. Berikut beberapa manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan.

1. Menurunkan gula darah 

Penelitian menemukan bahwa minum air rebusan daun sirih hijau atau daun sirih yang dikeringkan bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Meski demikian, sebaiknya daun sirih hijau hanya digunakan untuk mengendalikan gejala diabetes saja. Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum air rebusan daun sirih hijau agar tidak menimbulkan risiko efek samping yang membahayakan.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Kandungan antioksidan dalam daun sirih hijau berfungsi untuk melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Oleh karena itu, daun sirih hijau dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL, yaitu lemak jahat dalam tubuh, membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah, serta meningkatkan kolesterol baik dalam darah untuk menjaga kesehatan jantung. Kadar trigliserida dan kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner, gagal jantung, hipertensi, dan stroke. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih hijau secara optimal, Anda bisa merebus 3-4 lembar daun sirih hijau dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi rentan akan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengunyah daun sirih hijau atau berkumur dengan air rebusan daun sirih hijau yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Daun sirih hijau juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri. Selain itu, mengunyah kombinasi daun sirih hijau dan biji pinang juga bisa memicu produksi air liur. Kandungan protein dan mineral dalam air liur berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi, serta mencegah penyakit gusi, serta membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.

4. Menjaga saluran pencernaan

Manfaat daun sirih hijau lainnya adalah membantu meningkatkan produksi lendir. Produksi lendir bermanfaat untuk melindungi kesehatan saluran pencernaan dan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dipicu oleh berbagai hal. Daun sirih hijau juga dipercaya sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD, serta melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Selain itu, daun sirih juga dapat menstabilkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, rasa sakit akibat perut kembung, serta meredakan refluks asam lambung yang naik.

Meski berpotensi untuk menjaga kesehatan, namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daun sirih hijau secara berlebihan untuk mencegah efek samping yang membahayakan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout