Ketahui Perbedaan Mendasar Antara Kanker dan Tumor

Ketahui Perbedaan Mendasar Antara Kanker dan Tumor

Ketahui Perbedaan Mendasar Antara Kanker dan Tumor

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Kanker dan tumor adalah dua kondisi medis yang kerap menjadi momok untuk banyak orang. Dua istilah medis ini juga kerap dianggap sama oleh masyarakat. Padahal, ada perbedaan mendasar antara kanker dan tumor.

Mengenali perbedaan kanker dan tumor penting untuk memberikan gambaran terkait efek yang muncul dan penanganan yang tepat. Lalu, apa saja perbedaan mendasar kanker dan tumor? Berikut informasi selengkapnya.

Perbedaan Kanker dan Tumor

Sebelum mengetahui perbedaan kanker dan tumor, Anda perlu memahami pengertian tumor dan kanker. Tumor adalah pertumbuhan jaringan atau benjolan secara tidak normal dan bisa bersifat jinak atau ganas. Bila tumor bersifat ganas, maka kondisi disebut sebagai kanker. Berikut perbedaan mendasar antara kanker dan tumor yang perlu diketahui:

1. Sifat

Tumor adalah sel yang tumbuh dalam suatu jaringan secara tidak normal, sehingga membentuk benjolan. Jika sel-sel abnormal tumbuh secara tidak terkendali, tumor tersebut disebut tumor ganas atau kanker.

2. Bentuk

Tumor jinak ditandai dengan tepian yang halus, sedangkan tumor ganas atau kanker ditandai dengan tepian yang tidak beraturan. Kanker bisa berawal dari benjolan tumor. Namun, ada juga jenis kanker yang tidak berbentuk benjolan, misalnya kanker kelenjar getah bening (limfoma), kanker darah (leukemia), dan kanker di sumsum tulang (myeloma).

Untuk memastikan apakah benjolan tersebut tumor jinak atau kanker, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan cara mengambil sampel jaringan dengan mikroskop (biopsi).

3. Kecepatan perkembangan 

Kecepatan perkembangan adalah faktor yang membedakan tumor dan kanker lainnya. Tumor jinak berkembang secara lambat, sedangkan kanker berkembang secara cepat dan menyerap nutrisi dari sel yang sehat.

4. Penyebaran dan kerusakan yang muncul

Tumor jinak tidak merusak sel dan jaringan sehat di sekitarnya, sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan kanker bisa merusak sel-sel sehat di sekitarnya dan menyebar ke bagian tubuh lain.

5. Penatalaksanaannya

Tumor jinak tidak selalu membutuhkan penanganan medis, sedangkan kanker harus ditangani secara medis agar tidak semakin merusak dan menyebar.

Namun, diperlukan pemantauan tumor secara berkala. Hal ini dikarenakan jenis tumor tertentu bisa berkembang menjadi kanker atau menekan organ lain jika tidak ditangani dengan tepat.

Untuk mengatasi tumor, dokter mungkin memberikan penanganan berupa krim kortikosteroid untuk mengecilkan tumor (tergantung pada jenis tumor dan lokasinya), radioterapi, hingga pembedahan untuk mengangkat tumor.

Sedangkan, untuk mengatasi kanker, dokter akan melakukan radioterapi, kemoterapi, terapi fotodinamik, terapi hormon, terapi imun, hipertermia, dan pembedahan untuk mengangkat kanker. Penanganan tersebut bisa hanya satu jenis atau kombinasi dari pengobatan tertentu.

Jika muncul benjolan yang tidak normal di bagian tubuh tertentu, Anda perlu segera ke dokter agar bisa dipastikan apakah benjolan tersebut tumor jinak atau kanker. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang, misalnya tes darah, USG, foto Rontgen, MRI, CT scan, atau biopsi.

Setelah jenis tumor sudah dipastikan, dokter bisa memberikan penanganan yang disesuaikan dengan lokasi, ukuran, stadium, jinak atau tidaknya tumor, serta tingkat keparahannya.

Jika ada pertanyaan terkait perbedaan kanker dan tumor, konsultasikan ke dokter untuk saran yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout