Ketahui Cara Mengolah Kencur untuk Obat Batuk yang Tepat

bagaimana cara mengolah kencur untuk obat batuk? Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Ketahui Cara Mengolah Kencur untuk Obat Batuk yang Tepat

Batuk adalah kondisi yang umum dialami oleh siapa saja. Batuk sebenarnya tidak berbahaya dan sembuh tanpa penanganan medis. Untuk mengatasinya, tanaman herbal bisa menjadi pilihan yang efektif, misalnya kencur. Ketahui lebih lanjut mengenai cara mengolah kencur untuk obat batuk yang tepat.

Kencur adalah obat herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati gatal dan batuk di tenggorokan. Lalu, bagaimana cara mengolah kencur untuk obat batuk? Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Beragam Cara Mengolah Kencur untuk Obat Batuk dengan Benar

Kencur adalah obat herbal yang terbukti efektif mengatasi batuk berdahak. Efek menghangatkan ketika mengonsumsi ramuan kencur juga bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan melegakan pernapasan. Manfaat kencur untuk kesehatan dihasilkan dari kandungan nutrisinya, misalnya vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, dan beta karoten. Kandungan senyawa pada kencur juga mempercepat penyembuhan penyakit, misalnya seskuiterpen, monoterpen, dan aromatik. Untuk mendapatkan manfaatnya, berikut cara-cara mengolah kencur untuk obat batuk dengan benar:

  • Minum air perasan kencur. Untuk menghangatkan tenggorokan dan melegakan pernapasan, Anda bisa minum air perasan kencur. Caranya, tumbuk kencur hingga halus, saring, campurkan dengan air hangat, lalu minum.
  • Campuran kencur dan jahe. Kombinasi kencur dan jahe adalah obat batuk yang efektif. Caranya, tumbuk kencur dan jahe yang dicampurkan dengan air, rebus, lalu minum selagi hangat. Untuk meningkatkan rasanya, campurkan gula aren atau madu.
  • Campuran kencur dan madu. Kombinasi kencur dan madu adalah cara mengolah kencur untuk obat batuk lainnya. Caranya, campurkan air kencur dan madu secukupnya, lalu minum setidaknya dua kali per hari.
  • Dikunyah secara langsung. Untuk menghilangkan batuk dengan cepat, Anda bisa mengunyah kencur secara langsung. Caranya, kupas dan cuci kencur mentah, lalu kunyah dan telan sarinya. Lakukan cara ini hingga batuk benar-benar hilang.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan Lainnya

Kencur tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi batuk, namun menyimpan beragam manfaat untuk mengobati beragam penyakit lainnya. Berikut di antaranya:

  • Mengurangi tekanan darah. Kandungan kalium, antioksidan, dan senyawa pada kencur efektif mengurangi tekanan darah. Selain itu, kencur juga efektif melancarkan sirkulasi darah.
  • Membunuh kuman. Minyak esensial pada ekstrak kencur bersifat antibakteri yang efektif membunuh kuman di kulit, gusi, gigi, dan sistem pernapasan.
  • Menangkal radikal bebas. Kandungan flavonoid pada kencur bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas, misalnya asap rokok atau polusi, serta mengurangi peradangan di tubuh.
  • Mengurangi stres. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, efek menenangkan dari kencur efektif mengurangi stres dan kecemasan. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi batang dan daun kencur dalam bentuk suplemen, aromaterapi, atau jamu.

Itulah penjelasan mengenai manfaat kencur untuk obat batuk dan cara mengolahnya yang tepat. Jika Anda sudah mengonsumsi kencur, namun gatal dan batuk di tenggorokan tidak berkurang, atau bahkan disertai dengan keluhan lain, misalnya demam, pusing, sakit kepala, atau sulit bernapas, konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut, didiagnosis penyebabnya, sehingga diberikan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout