Blog

Selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami berikut.

Ketahui Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum, bakteri, dan sel kulit mati. Meski terlihat sepele, munculnya jerawat dapat mengganggu penampilan, bahkan memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara menghilangkan jerawat secara alami yang aman dan efektif.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya jerawat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami berikut.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah:

1. Madu dan kayu manis

Kombinasi madu dan kayu manis bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat secara efektif. Kedua bahan alami tersebut bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan meredakan peradangan pada jerawat. Berikut caranya:

  • Siapkan 1 sendok teh kayu manis dan 2 sendok makan madu.
  • Campurkan semua bahan hingga menjadi pasta.
  • Gunakan sebagai masker pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih dan keringkan.

2. Teh hijau

Tidak hanya berfungsi sebagai minuman kesehatan, teh hijau juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan tanin dan polifenol dalam teh hijau dipercaya dapat meredakan peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri. Teh hijau juga mengandung EGCG dan antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan, mencegah pertumbuhan bakteri, dan mengurangi produksi minyak alami di kulit. Berikut caranya:

  • Celupkan kantung teh hijau ke dalam air mendidih. 
  • Diamkan selama 3-4 menit dan biarkan hingga dingin.
  • Aplikasikan teh hijau pada wajah dengan menggunakan kapas.
  • Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Lidah buaya

Selain digunakan sebagai perawatan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan asam salisilat dan belerang dalam lidah buaya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. 

Selain itu, kombinasi lidah buaya dengan tea tree oil, minyak cengkeh, dan krim tretinoin, juga bisa meningkatkan efektivitas dalam mengobati jerawat. Caranya, ambil lendir atau getah lidah buaya, kemudian bersihkan wajah, lalu aplikasikan pada kulit wajah untuk menghilangkan jerawat secara alami.

4. Anggur

Cara mengatasi jerawat secara alami lainnya adalah menggunakan anggur. Penelitian menemukan bahwa kandungan senyawa resveratrol dalam anggur dipercaya bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Caranya, cukup aplikasikan daging buah atau kulit bagian dalam anggur merah pada wajah Anda.

5. Kunyit

Kunyit sejak lama digunakan sebagai perawatan kulit alami yang efektif. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan dan antimikroba dalam kunyit juga bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Penelitian juga menemukan bahwa kunyit juga dapat mengatasi psoriasis, pruritis, dan dermatitis atopik.

Cara-cara menghilangkan jerawat secara alami di atas tergolong aman. Meski demikian, hingga saat ini, efektivitas bahan-bahan alami tersebut belum bisa dibuktikan dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Jika Anda telah melakukan berbagai cara alami untuk menghilangkan jerawat di atas, namun jerawat tidak kunjung hilang atau bahkan kondisinya semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter untuk diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout