Blog

Ketahui Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Ketahui Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Underweight atau berat badan di bawah angka ideal dinilai berisiko untuk kesehatan. Oleh karena itu, orang yang underweight dianjurkan untuk menerapkan beragam cara menggemukkan badan secara alami agar terhindar dari penyakit. 

Ada beberapa risiko underweight yang perlu diwaspadai, misalnya anemia, tulang rapuh, gangguan kesuburan, pertumbuhan lambat, kulit kering, dan rambut rontok. Untuk mencegah risiko tersebut, berikut beragam cara menggemukkan badan secara alami yang bisa diterapkan.

Beragam Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Seperti halnya menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga penting dilakukan dengan cara alami dan sehat. Berikut beragam cara menggemukkan badan secara alami yang dapat diterapkan:

1. Memperbanyak asupan gizi

Cara menggemukkan badan secara alami yang ampuh adalah memperbanyak asupan gizi, misalnya protein, lemak tak jenuh, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Protein bermanfaat untuk mempercepat pembentukan massa otot agar berat badan naik, sedangkan karbohidrat dan lemak bermanfaat untuk mempercepat pembentukan jaringan lemak dan menyediakan kebutuhan energi. Protein dan lemak didapatkan dari telur, daging, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Sedangkan, vitamin dan mineral diperoleh dari sayuran, buah-buahan, nasi merah, dan gandum utuh.

2. Memperbanyak lemak tak jenuh ganda

Lemak tak jenuh ganda, yaitu omega 3 dan omega 6, perlu dikonsumsi agar berat badan naik. Sumber lemak tak jenuh ganda adalah minyak zaitun, oatmeal, kacang-kacangan, keju, alpukat, biji-bijian, kentang, dan jagung. Konsumsi juga makanan yang tinggi lemak dan kalori, seperti tuna, salmon, dan sarden. Lemak dalam makanan tersebut baik untuk kesehatan, karena tidak memicu penumpukan lemak di pembuluh darah.

3. Frekuensi makan ditingkatkan

Menaikkan frekuensi makan adalah cara ampuh untuk menggemukkan badan. Frekuensi makan yang tinggi, otomatis memperbanyak asupan kalori dan gizi yang dibutuhkan untuk menggemukkan badan. Bagaimana jika tidak mampu makan dengan jumlah banyak? Sebaiknya, makan dengan frekuensi yang sering, misalnya, makan 5-6 kali per hari, namun dengan jumlah sedikit.

4. Memperbanyak minum susu

Agar badan cepat gemuk, Anda perlu mencukupi kebutuhan protein, lemak, dan kalori. Untuk mencukupi protein, lemak, dan kalori harian, Anda perlu minum susu tanpa gula atau susu penggemuk setidaknya 1-2 gelas per hari. Susu juga tinggi kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi.

5. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara teratur juga perlu diterapkan untuk menggemukkan badan. Pilih olahraga yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan meningkatkan massa otot, misalnya latihan beban, renang, yoga, dan push-up. Dengan begitu, akan mempercepat proses penggemukkan badan. Olahraga juga dapat membuat nafsu makan naik, sehingga mempercepat pemenuhan kebutuhan kalori dan nutrisi lain.

Tidak hanya menerapkan beragam cara menggemukkan berat badan secara alami di atas, komitmen dan konsistensi juga diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Namun, jika berat badan tidak naik setelah menerapkan cara-cara di atas, sebaiknya Anda berdiskusi dengan dokter untuk diperiksa penyebabnya. Dengan begitu, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan status gizi dan kebutuhan Anda, misalnya merekomendasikan pola makan sehat tertentu atau meresepkan obat-obatan untuk menggemukkan badan. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout