Ketahui Cara Cek BPOM Produk Kosmetik

cara cek bpom

Ketahui Cara Cek BPOM Produk Kosmetik

Jika Anda menggunakan produk kosmetik, pastikan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM adalah badan yang menyelenggarakan tugas pengawasan obat dan makanan, termasuk produk kosmetik. Bagaimana cara cek BPOM?

Produk kosmetik yang aman harus memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Oleh karena itu, Anda perlu melakukan cek BPOM untuk mengetahui aman atau tidaknya suatu produk kosmetik yang akan digunakan. Berikut cara cek BPOM yang perlu Anda ketahui.

Cara Cek BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga yang bertugas untuk mengawasi seluruh peredaran obat-obatan dan makanan yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengetahui nomor registrasi BPOM, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Melalui laman Cek BPOM

Untuk mengetahui kosmetik aman atau tidak, kunjungi laman cekbpom.pom.go.id/. Pencarian produk dapat dilakukan berdasarkan nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar. 

Cara termudah adalah dengan mencari berdasarkan nama produk. Caranya, pilih kolom “Cari Berdasarkan” dan ganti pilihan dengan “Nama Produk”. Ketik nama produk kosmetik di kolom “Kata Kunci”, dan klik tombol “Cari”. Jika produk kosmetik telah terdaftar, akan muncul nomor registrasi, nama produk, serta perusahaan yang mendaftarkan.

2. Melalui aplikasi Cek BPOM

Selain melalui laman Cek BPOM, cara cek BPOM lainnya adalah melalui aplikasi Cek BPOM. Berikut caranya:

  • Unduh aplikasi “Cek BPOM” di Google Play Store atau App Store. 
  • Pada tampilan halaman utama, klik “Semua Produk”.
  • Lalu, pilih pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM.
  • Pilih “Nama Produk/Nama Dagang”, dan ketik nama produk kosmetik di kolom “Kata Kunci Pencarian”. Jika produk telah terdaftar, akan muncul informasi mengenai produk kosmetik tersebut.

3. Melalui barcode

Cara lainnya untuk cek BPOM adalah melalui barcode. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi BPOM Mobile di Google Play Store maupun App Store.
  2. Buka aplikasi tersebut, lalu klik ‘Daftar’.
  3. Isilah data diri yang diperlukan, seperti nama lengkap, email, nomor ponsel, dan password.
  4. Setelah itu, klik ‘Scan Produk’. Pastikan GPS di ponsel Anda sudah dinyalakan.
  5. Arahkan kamera ke barcode produk yang ingin Anda cek. Pastikan arah kamera sudah benar agar proses pemindaian berjalan lancar.
  6. Selanjutnya, layar akan memunculkan nomor sertifikasi, serta keterangan produk, jika produk yang Anda cek tersebut asli. Namun, jika produk yang Anda cek tersebut palsu, layar tidak akan memunculkan informasi apa pun.

Cara Cek Produk Kosmetik yang Ditarik

Dikutip dari laman resmi BPOM, masyarakat juga dapat mengetahui produk kosmetik yang ditarik dari pasaran, karena berbahaya atau masih dalam proses pemeriksaan. Berikut caranya:

  • Kunjungi laman resmi www.pom.go.id.
  • Klik menu “Daftar Produk” di bagian atas halaman dan pilih “Produk Ditarik/Recall”.
  • Selanjutnya, halaman akan menampilkan daftar produk yang ditarik BPOM, mulai dari obat, kosmetik, dan pangan. 
  • Pada kolom pencarian, pilih “Nama Produk” dan ketik nama produk kosmetik yang akan dicek.
  • Jika produk kosmetik tersebut telah ditarik dari peredaran, maka halaman akan menampilkan informasi dan alasan penarikan produk dari pasaran.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout