Blog

vitamin agar puasa tidak lemas

Kenali Vitamin agar Puasa Tidak Lemas

Sebagai persiapan untuk menyambut puasa Ramadhan, bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, perlu asupan nutrisi yang cukup. Beberapa nutrisi tersebut adalah vitamin C dan zinc. Kedua nutrisi ini bisa didapatkan dari sayuran hingga buah-buahan. Vitamin C dan zinc juga dikenal sebagai vitamin agar puasa tidak lemas.

Mengapa vitamin C dan zinc dikenal sebagai vitamin agar puasa tidak lemas? Hal ini dikarenakan kedua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari selama puasa. Apa saja manfaat dan sumber alami vitamin C dan zinc? Simak penjelasan berikut:

Vitamin agar Puasa Tidak Lemas

Vitamin C dibutuhkan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, mencegah masalah kehamilan, penyakit mata, hingga masalah kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu melindungi sel tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh, menjaga kesehatan tulang, serta melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan bahan kimia beracun dan polutan, seperti asap rokok.

Sedangkan zinc bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh, membantu proses pertumbuhan tubuh. Kombinasi kedua nutrisi ini efektif untuk menangkal gejala kekurangan nutrisi, seperti lemas, rasa lelah, mengantuk, pusing, sembelit, hingga dehidrasi, yang biasanya dialami oleh orang yang berpuasa. 

Sumber Alami Vitamin C dan Zinc

Vitamin C dan zinc bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Beberapa jenis buah yang tinggi vitamin C, antara lain jambu biji, jeruk, melon, kiwi, stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sedangkan jenis sayuran yang tinggi vitamin C adalah brokoli, kubis, kembang kol, paprika merah, dan ubi jalar. Jenis makanan yang tinggi zinc, antara lain daging ayam, daging sapi, jamur tiram, gandum, sereal, susu, yogurt, lobster, tiram, dan kepiting.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapi asupan vitamin C dan zinc dengan mengonsumsi suplemen. Beberapa produk suplemen multivitamin bahkan juga menawarkan manfaat vitamin C dan zinc dalam satu tablet.

Tips Sehat Selama Puasa

Selain mengonsumsi vitamin agar puasa tidak lemas, Anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut agar puasa berjalan dengan lancar:

  • Perbanyak asupan cairan sebelum puasa atau selama puasa. Minum air putih saat sahur dan buka puasa, serta pada malam hari, adalah pilihan yang tepat untuk menghindari Anda terkena dehidrasi saat berpuasa.
  • Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka puasa atau makan malam, serta lengkapi asupan vitamin C dan zinc untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Hindari makanan siap saji dan minuman berkafein.
  • Berolahraga secara teratur untuk menunjang kesehatan tubuh, baik sebelum dan selama puasa. Namun, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi Anda, olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Bagi Anda yang memiliki kondisi khusus, seperti ibu hamil atau penderita diabetes, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Mempersiapkan tubuh agar tetap sehat sangat penting agar ibadah puasa Anda berjalan dengan lancar. Salah satu caranya dengan menjaga asupan vitamin C dan zinc yang cukup. Namun, jika Anda tidak bisa mencukupi asupan vitamin C dan zinc dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, Anda bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C dan zinc tambahan untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berpuasa.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout