Blog

jus untuk kolesterol

Jus untuk Kolesterol yang Efektif: Berry Hingga Seledri

Kolesterol sebenarnya bermanfaat untuk memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Namun, jika kadar kolesterol berlebihan, dapat membahayakan kesehatan. Salah satu cara untuk mencegah kolesterol tinggi adalah mengonsumsi jus untuk kolesterol. 

Kadar kolesterol yang berlebihan, terutama kolesterol jahat (LDL), dapat  menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa jus untuk kolesterol yang banyak digunakan berikut.

Untuk meringankan gejala kolesterol, ada beberapa jus yang bisa Anda konsumsi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jus Berry

Jus berry adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dikutip dari penelitian yang berjudul Systematic Review of Anthocyanins and Markers of Cardiovascular Disease, buah-buahan berjenis berry, seperti blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, berry juga tinggi vitamin C. Oleh karena itu, sebaiknya hanya menggunakan 50-100 gram berry untuk dijadikan segelas jus.

2. Jus Alpukat

Jus untuk kolesterol lainnya adalah alpukat. Alpukat memiliki banyak kandungan lemak baik yang berfungsi untuk mengikat lemak jahat penyebab kolesterol. Selain itu, jus alpukat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dikutip dari jurnal yang berjudul Effect of Fruit Juice on Cholesterol and Blood Pressure in Adults, buah-buahan termasuk alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi yang efektif pada orang dewasa.

3. Jus Apel dan Wortel

Jus apel dan wortel juga bisa digunakan sebagai cara untuk menurunkan kolesterol lainnya. Kedua jenis buah ini dikenal dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Di dalam apel terdapat kandungan senyawa polifenol yang bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat yang menghambat pembuluh darah. Sedangkan, wortel memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menstabilkan tingkat kolesterol baik.

4. Jus Pir dan Delima

Perpaduan pir dan delima ternyata dapat dijadikan sebagai jus untuk kolesterol. Pir mengandung pektin yang merupakan sejenis serat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Sedangkan, delima mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat. Bahkan, kandungan antioksidan dalam delima bisa tiga kali lipat dibandingkan teh hijau.

5. Jus Jeruk dan Stroberi

Jus perpaduan jeruk dan stroberi juga bisa menjadi alternatif cara untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan jeruk dan stroberi mengandung pekton dan bioaktif yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan asam urat yang berlebihan. Selain itu, kedua buah tersebut juga mengandung vitamin C, vitamin B2, kalium, magnesium, dan flavonoid, yang mampu mencegah penyakit kronis lainnya.

6. Jus Nanas dan Kale

Jus nanas dan kale menjadi pilihan minuman untuk menurunkan kolesterol selanjutnya. Nanas mengandung enzim bromelin dan vitamin C, sedangkan daun kale mengandung lutein yang dapat mengikat kolesterol jahat, serta karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

7. Jus Seledri

Air rebusan seledri bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan daun seledri mengandung fitokimia yang disebut dengan phthalides yang berfungsi untuk melemaskan jaringan dinding arteri, sehingga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout