Blog

kolesterol normal

Jumlah Kolesterol Normal yang Disarankan

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti stroke dan penyakit jantung. Memastikan kadar kolesterol normal adalah upaya mencegah munculnya penyakit tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Setiap orang memiliki tingkat kolesterol yang berbeda-beda, tergantung pada apa yang dikonsumsi. Berapa kadar kolesterol normal untuk jenis-jenis kolesterol dan makanan apa saja yang bisa menurunkan kolesterol? Simak penjelasan berikut.

Jumlah Kolesterol Normal

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, Anda perlu mengetahui kadar kolesterol normal berikut:

1. Kolesterol baik (HDL)

Kolesterol baik (HDL) berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat HDL, maka akan semakin baik untuk kesehatan. Tingkat HDL minimal 60 mg/dL atau lebih bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, jika tingkat HDL kurang dari 40 mg/dL, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Kolesterol jahat (LDL)

Sesuai dengan namanya, jenis kolesterol ini berbahaya bagi kesehatan jika kadarnya berlebihan. Oleh karena itu, pastikan jumlah LDL Anda 100-129 mg/dL. Jika melebihi jumlah tersebut, maka LDL dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, ateroma, dan stroke. Jumlah LDL 130-159 mg/dL bisa dikatakan memasuki ambang batas tinggi, sedangkan jika jumlahnya 160-189 mg/dL, sudah masuk level tinggi.

3. Trigliserida 

Seperti halnya LDL, jenis lemak ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, semakin rendah kadar trigliserida, maka akan semakin baik untuk kesehatan. Jumlah trigliserida 150-199 mg/dL bisa dikatakan berada pada ambang batas tinggi, sedangkan jumlah 200 mg/dL atau lebih termasuk tingkat trigliserida tinggi.

4. Kolesterol total

Kolesterol total adalah gabungan dari HDL, LDL, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah. Dengan melihat kadar kolesterol total dan HDL, maka bisa menggambarkan kondisi umum kadar kolesterol Anda. Jika kolesterol total berjumlah 200 mg/dL atau lebih, atau HDL kurang dari 40 mg/dL, Anda perlu melakukan pemeriksaan kolesterol lengkap yang mencakup LDL dan trigliserida. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dl sudah masuk pada ambang batas tinggi, sedangkan jumlah 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi.

Makanan Penurun Kolesterol

Agar kolesterol normal, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak trans dan konsumsi jenis makanan penurun kolesterol berikut:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi, antara lain bayam, kangkung, dan arugula.

2. Ikan salmon

Selain memiliki kandungan kolesterol yang rendah, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 bermanfaat untuk menguragi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardivaskular dan stroke. Agar lebih sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan salmon dengan cara digoreng.

3. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung fitosterol yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

4. Oat

Oat terbuat dari gandum yang mengandung beta glucan. Beta glucan berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta glucan dalam oat juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout