Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Vitamin dan mineral adalah jenis nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mencukupi asupan vitamin dan mineral harian dapat mengoptimalkan fungsi organ tubuh dan proses metabolisme. Kedua nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral berikut.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral dan perlu dikonsumsi secara rutin:

1. Vitamin A

Vitamin A berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta memperkuat daya tahan tubuh. Jenis makanan yang mengandung vitamin A, antara lain wortel, bayam, ubi, dan kentang, tomat, melon, dan mangga.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari beragam jenis dan memiliki masing-masing fungsi tersendiri. Vitamin B1 berfungsi untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh dan mengubah karbohidrat menjadi energi, vitamin B9 atau folat berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang janin, serta mencegah cacat lahir. Sedangkan, vitamin B6 dan vitamin B12 berperan dalam metabolisme protein, menjaga kesehatan otak dan saraf, serta menghasilkan sel darah merah.

Vitamin B kompleks bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, daging, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya.

3. Vitamin D

Vitamin D bisa diproduksi secara alami oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan, seperti ikan dan jamur. Minuman tertentu, seperti jus dan susu, juga ada yang diperkaya (difortifikasi) dengan vitamin D. 

Dengan memenuhi asupan vitamin D harian, kesehatan tulang dapat terjaga dan daya tahan tubuh pun akan lebih kuat. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit, setidaknya setiap 2 kali seminggu.

4. Vitamin E

Kandungan antioksidan dalam vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E harian, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, telur, dan sayuran hijau.

5. Zinc

Zinc merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Seperti halnya vitamin, zinc juga tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Zinc memiliki beberapa manfaat, antara lain memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh. Selain itu, zinc juga berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Anda bisa mencukupi asupan zinc dengan mengonsumsi ikan, telur, daging merah, dan kacang-kacangan.

6. Kalsium

Mineral yang dibutuhkan tubuh lainnya adalah kalsium. Kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kebutuhan kalsium yang tercukupi diketahui baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Untuk memenuhi asupan kalsium harian, Anda bisa mengonsumsi ikan, susu, yoghurt, keju, kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, serta sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout