Blog

Cara Memutihkan Kulit

Ini 5 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Memiliki kulit putih dan bersinar dengan produk pemutih memang hasilnya lebih instan, namun bahan kimia yang terkandung di dalamnya belum tentu aman untuk kesehatan. Memilih cara memutihkan kulit secara alami adalah pilihan yang tepat, karena kandungan dalam bahan alami lebih aman untuk kesehatan. 

Selain itu, bahan alami mudah didapatkan, misalnya di pasar tradisional, dan biayanya relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk pemutih . Berikut 5 bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kulit putih yang sehat. 

1. Lidah buaya

Kandungan antioksidan, enzim, vitamin A, vitamin C, dan anti-inflamasi dalam lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Menurut Baylor College of Medicine, dengan kandungan tersebut, lidah buaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, antara lain membantu mengobati jerawat, luka bakar, dan melembapkan kulit kering, mencerahkan kulit, mencegah kulit kusam, dan melembutkan kulit yang kasar. Caranya, oleskan lidah buaya merata ke seluruh tubuh, diamkan 15 menit, bilas hingga bersih.

2. Mentimun

Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak dalam mentimun mampu menghambat tirosinase, enzim yang memproduksi melanin. Melanin adalah kandungan dalam kulit yang membuatnya terlihat lebih gelap. Mentimun juga tinggi vitamin C yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas berbahaya dari paparan sinar matahari, sehingga dapat menurunkan produksi melanin. Selain itu, mentimun juga efektif dalam menghilangkan noda hitam pada lingkar mata dan menghambat pigmentasi kulit. Caranya, aplikasikan pasta mentimun ke seluruh tubuh, diamkan 30 menit, bilas hingga bersih.

3. Kunyit

Dikenal sebagai salah satu bahan yang banyak digunakan oleh produk perawatan kecantikan, kunyit dapat mencerahkan kulit karena kandungan kurkuminnya. Selain itu, kunyit mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi produksi melanin di kulit dan mampu membantu menghilangkan perubahan warna pada kulit. Caranya, parut kunyit untuk dijadikan lulur, kemudian oleskan ke bagian tubuh yang terlihat gelap, bilas hingga bersih.

4. Kentang

Tidak hanya baik untuk dikonsumsi, kentang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Kentang mengandung vitamin C, antioksidan, niacin, dan zat antiradang, yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit, contoh masker kentang yang dicampur dengan jus lemon atau yogurt. Selain itu, kentang juga merupakan antibiotik alami yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan membantu mempercepat penggantian sel-sel kulit baru. Caranya, oleskan pasta kentang dengan tambahan sedikit susu ke seluruh tubuh, diamkan 30 menit, bilas dengan air bersih.

5. Yogurt

Yogurt mengandung vitamin B kompleks, kalsium, dan zinc. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bersih dan cerah, kalsium untuk menjaga kelembaban kulit, sedangkan zinc efektif untuk mengatasi masalah kulit. Selain itu, yogurt juga kaya akan asam laktat yang berkontribusi dalam proses pergantian kulit. Caranya, gunakan yogurt sebagai lulur badan yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar. Anda juga bisa mengoleskan yogurt secara langsung ke seluruh tubuh, diamkan 30 menit, bilas dengan air bersih dan sabun.

Dari 5 bahan alami untuk cara memutihkan kulit di atas, bahan apa yang sering Anda gunakan? Share komentar Anda di bawah!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout