Blog

makanan penurun kolesterol

Cegah Penyakit dengan Makanan Penurun Kolesterol Ini

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit adalah menurunkan kolesterol tinggi. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga kolesterol tetap normal, salah satunya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol secara rutin.

Meski tubuh membutuhkan kolesterol untuk pembentukan sel-sel sehat, namun jika kadarnya berlebihan justru bisa menimbulkan berbagai penyakit. Untuk mencegah hal ini, berikut beberapa jenis makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi.

Makanan Penurun Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, berikut beberapa makanan penurun kolesterol yang perlu Anda ketahui:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi, antara lain bayam, kangkung, dan arugula.

2. Ikan salmon

Selain memiliki kandungan kolesterol yang rendah, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 bermanfaat untuk menguragi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardivaskular dan stroke. Agar lebih sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan salmon dengan cara digoreng.

3. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung fitosterol yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

4. Oat

Oat terbuat dari gandum yang mengandung beta glucan. Beta glucan berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta glucan dalam oat juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

Anda juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dengan mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glucan dan insulin. Kedua jenis serat larut ini bisa membuat sistem pencernaan bekerja dengan optimal, sehingga memudahkan Anda untuk menurunkan kolesterol.

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selain mengonsumsi makanan penurun kolesterol, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat berikut: 

1. Kurangi makanan yang mengandung lemak

Memperhatikan jumlah lemak yang dikonsumsi adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Selain itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti susu tinggi lemak dan daging merah. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

2. Berhenti merokok

Merokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah dan merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kolesterol tetap normal dan mencegah kolesterol tinggi.

3. Kurangi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan juga bisa meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol dan tekanan darah. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kurangi minuman beralkohol atau bahkan tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali. 

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Lakukan olahraga yang Anda sukai setidaknya 30 menit per hari, minimal 3 kali seminggu agar manfaatnya bisa lebih optimal. 

Agar kolesterol tetap normal, sebaiknya lakukan tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter. Terapkan juga gaya hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan terhindar dari kolesterol tinggi. 

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout