6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang rutin mengeluarkan pembuangan tubuh seperti urine. Semakin banyak kamu minum air putih, semakin lancar pula pembuangan urinemu. Tanda urine yang sehat adalah yang tidak berwarna, karena artinya cairan dalam tubuhmu mencukupi.

Jika saluran urine kamu sedang tidak sehat, ada beberapa gejala yang bisa kamu alami. Salah satunya anyang-anyangan. Anyang-anyangan ini memungkinkan kamu merasa ingin buang air kecil sering sekali, namun saat dikeluarkan seperti tidak tuntas dan kerap terasa sakit.

Dalam bahasa medis, anyang-anyangan berarti menunjukan ada infeksi di saluran kemih. Walaupun bisa juga terasa karena kamu sedang sensitif pada bahan kimia tertentu, mengalami kista ovarium, sampai batu ginjal.

Jangan panik jika mengalaminya. Ada cara mengobati anyang-anyangan secara alami dan cepat yang bisa kamu coba berikut ini.

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Anyang-anyangan dapat menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil. Pelajari cara mengobati anyang-anyangan secara alami dan cepat di sini.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Pertama, cara mengobati anyang-anyangan secara alami dan cepat yang dapat kamu segera lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kamu perlu meminum banyak air putih untuk memperlancar pembuangan urine sekaligus menghindari dehidrasi.

Ketika kamu dehidrasi, jumlah air yang bisa dikeluarkan melalui urine akan berkurang. Kondisi ini memaksa kandung kemih bekerja ekstra sehingga menimbulkan iritas, yang selanjutnya meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Asupan air putih yang banyak akan membilas bakteri yang terdapat dalam urine. Bakteri ini perlu dibersihkan agar infeksi tidak semakin parah. Kamu perlu minum setidaknya 8 gelas setiap harinya.

Baca Juga: 8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu.

2. Membatasi konsumsi minuman beralkohol dan kafein

Minuman beralkohol dan berkafein memaksa cairan keluar lebih banyak daripada kondisi normal. Efek diuretik yang diberikan minuman jenis ini memang menambah volume urine yang diproduksi oleh ginjal. Tapi, waktunya tidak tepat jika kamu mengalami anyang-anyangan.

Mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein akan membuatmu rentan dehidrasi. Kondisi seperti ini hanya akan memperparah anyang-anyangan yang kamu rasakan. Jadi batasi konsumsi minuman jenis seperti ini, ya.

3. Bersihkan organ intim

Anyang-anyangan bisa terasa semakin mengganggu jika area organ intim kamu tidak bersih. Kuman hingga kotoran bakal betah bersarang di tempat yang nggak bersih ini.

Oleh karena itu, jangan lupa selalu membersihkan organ intim setiap selesai buang air kecil, ya. Bersihkan dari arah depan ke belakang. Ini ditujukan untuk meminimalisir perpindahan bakteri-bakteri dari anus ke saluran kemih kamu.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ginjal? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Jangan gunakan produk yang memicu iritasi saluran kemih

Iritasi saluran kemih itu dapat dipicu karena produk yang sebetulnya tidak baik digunakan pada organ intim, yaitu produk-produk pembersih organ intim. Kamu mungkin berpikir khasiatnya baik karena merupakan produk khusus, tapi saat anyang-anyangan sebaiknya dihindari.

Untuk produk pembersih organ intim misalnya sabun kewanitaan dan tisu toilet harum. Produk lain yang sebaiknya juga dihindari adalah douche atau semprotan vagina, pelumas vagina, hingga alat KB yang mengandung pembunuh sperma atau spermisida.

5. Batasi konsumsi makanan pemicu iritasi

Tidak hanya produk-produk organ intim yang dapat memicu iritasi di saluran kemih. Makanan juga bisa memberikan efek serupa, yaitu memperparah anyang-anyangan yang kamu rasakan.

Makanan yang sebaiknya dibatasi sementara adalah makanan pedas, cokelat, produk mengandung tomat, hingga buah-buahan asam seperti lemon dan jeruk. Jika anyang-anyangan kamu sudah membaik, boleh mencoba mengonsumsinya kembali secara bertahap.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Bisa Kamu Lakukan.

6. Tidak menahan rasa ingin buang air kecil

Anyang-anyangan membuat rasa buang air kecil begitu menyiksa. Terkadang, tubuh secara otomatis mencoba menahan pembuangan urine karena tidak mau merasa sakit. Padahal, cara mengobati anyang-anyangan secara alami dan cepat berikutnya adalah dengan tidak menahan rasa ingin buang air kecil.

Kebiasaan menahan pembuangan urine atau membuang urine dengan tidak tuntas akan memberikan ruang bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri ini akan terjebak di saluran kemih, memperbanyak diri, selanjutnya menyebabkan infeksi saluran kemih yang berlarut-larut.

Jika dibiarkan, infeksi saluran kemih dengan jumlah bakteri yang terus bertambah akan memicu timbulnya gangguan kesehatan lain. Di antaranya gangguan pada kesehatan ginjal. Anyang-anyangan kamu akan terasa semakin menyiksa jika membiarkan kebiasaan ini.

Bicara soal kesehatan ginjal, ada vitamin yang mampu menjaganya, yaitu vitamin B1, vitamin yang dapat mengurangi jumlah albumin pada urine orang dengan diabetes tipe 2, penanda adanya kerusakan pada ginjal.

Pyfa Health menyediakan suplemen dan vitamin B1 seperti Damuvit Kaplet dan Takana Sirup. Konsumsi sesuai kebutuhan kamu, ya.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout