Cara Memilih Alat Cek Gula Darah yang Tepat

bagaimana cara memilih alat cek gula darah yang tepat? Berikut panduan untuk memilih alat cek gula darah dengan hasil paling akurat dan praktis untuk digunakan.

Cara Memilih Alat Cek Gula Darah yang Tepat

Penderita diabetes melitus umumnya sudah tidak asing dengan alat cek gula darah. Hal ini dikarenakan alat tersebut digunakan untuk memantau kadar glukosa darah penderita diabetes. Ketahui tips memilih alat cek gula darah yang tepat.

Alat cek gula darah banyak tersedia di pasaran. Namun, bagaimana cara memilih alat cek gula darah yang tepat? Berikut panduan untuk memilih alat cek gula darah dengan hasil paling akurat dan praktis untuk digunakan.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

Apa itu Alat Cek Gula Darah?

Naik atau turunnya kadar gula darah penderita diabetes dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pola makan, olahraga, stres, atau obat-obatan, seperti insulin. Oleh karena itu, penderita diabetes membutuhkan glukometer atau alat cek gula darah. 

Glukometer adalah perangkat digital yang berfungsi untuk menghitung kadar glukosa di dalam darah. Pemeriksaan kadar gula darah secara berkala dengan glukometer dapat membantu mengendalikan kadar gula darah seseorang agar kadarnya tetap normal.

American Diabetes Association menyatakan bahwa pengukuran kadar gula darah secara rutin penting dalam menentukan keberhasilan pengobatan diabetes melitus.

Tips Memilih Alat Cek Gula Darah

Ada banyak jenis alat cek gula darah di pasaran. Mulai dari alat yang hanya membaca hasil pemeriksaan gula darah hingga versi lebih canggih yang menawarkan fitur memori untuk menyimpan informasi.

Alat cek gula darah dengan fitur yang canggih memang sangat bermanfaat. Namun, faktor harga tetap perlu dipertimbangkan, ditambah dengan biaya penggunaan jangka panjangnya.

Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat alat cek gula darah, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Harga

Pilihlah glukometer dengan harga terjangkau, namun kualitasnya tidak diragukan. Dengan memilih alat tersebut, dapat tahan lama dan bisa memberikan hasil pengukuran yang akurat. Perlu diingat, sejumlah perangkat memiliki strip yang dijual secara terpisah dan strip perlu diisi ulang. Biaya untuk pembelian strip secara berkala ini juga harus dipertimbangkan.

2. Kemudahan penggunaan dan perawatan

Ada berbagai jenis alat pemeriksaan gula darah, sehingga masing-masing perangkat memiliki perbedaan dalam pengoperasiannya. Pastikan untuk memilih alat tes yang mudah digunakan dan mudah dirawat.

Anda perlu memastikan tes dapat terlihat dengan jelas pada layar, praktis dan mudah dibawa, strip pengukuran mudah didapatkan, dan seberapa banyak darah yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan. Jika Anda sering bepergian dan akan sering membawa alat ini, pilihlah alat tes yang lebih kecil dan mudah dibawa.

3. Penyimpanan data

Data hasil pengukuran dari alat tes gula darah dapat digunakan sebagai evaluasi apakah pengendalian kadar gula darah yang Anda lakukan sudah berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara kerja glukometer dalam menyimpan data. Alat yang memiliki fitur penyimpanan data secara otomatis akan lebih memudahkan Anda. Umumnya, glukometer yang dijual di pasaran sudah memiliki fitur memori untuk menyimpan data hasil pengukuran gula darah.

4. Fitur khusus

Ada beberapa glukometer yang memiliki fitur-fitur khusus, misalnya tombol yang lebih besar atau layar yang dapat menyala, sehingga memudahkan Anda untuk melihatnya dalam keadaan gelap. Ada juga yang memiliki fitur audio untuk membacakan hasil pengukuran. Sesuaikan fitur dari alat cek gula darah dengan kebutuhan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout