Buah untuk Asam Lambung dan Maag, Bisa Mengurangi Gejala

buah untuk asam lambung dan maag

Buah untuk Asam Lambung dan Maag, Bisa Mengurangi Gejala

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan maag. Namun, ternyata tidak semua buah aman untuk penderita asam lambung dan maag. Apa saja buah untuk asam lambung dan maag yang disarankan?

Buah-buahan yang asam justru akan memperparah kondisi asam lambung dan maag. Agar tetap aman saat asam lambung atau maag kambuh, ada beberapa buah yang disarankan. Berikut beberapa di antaranya.

Buah untuk Asam Lambung dan Maag

Asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa terbakar di dada atau heartburn. Sedangkan maag adalah kondisi ketika lapisan perut mengalami perlukaan dan kondisi ini bisa diperparah dengan asam lambung. 

Jika Anda menderita maag atau GERD, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut bisa memicu kambuhnya maag dan asam lambung. Salah satu jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita maag dan asam lambung adalah buah-buahan asam, seperti lemon, jeruk, dan olahan buah tersebut.

Namun, ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita maag dan asam lambung. Selain mencegah gejala, buah-buahan tersebut bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa buah yang aman dikonsumsi penderita maag dan asam lambung:

1. Pisang

Kandungan vitamin C, serat, kalium, antioksidan, dan fitonutrien dalam pisang bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan dan mengurangi asam lambung. Selain itu, pisang juga memiliki kadar asam yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi saat maag dan asam lambung kambuh.

2. Pepaya

Pepaya bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, asma, jantung, dan masalah tulang. Selain itu, kandungan enzim yang disebut papain dalam pepaya berfungsi untuk membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi heartburn yang merupakan salah satu gejala GERD.

Baca Juga  Aman dan Mudah Diterapkan, Ini 6 Cara Mengatasi Asam Urat

3. Semangka

Selain kaya akan vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan asam amino, semangka juga tinggi akan kandungan air yang berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, semangka juga bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks.

Beberapa makanan di atas bisa dengan mudah Anda temukan di rumah untuk mengurangi gejala atau bahkan mencegah maag dan asam lambung. Jika gejala asam lambung dan maag sering kambuh atau semakin parah, hal ini bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti kanker lambung. Untuk mencegah hal tersebut, maka salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi gejalanya adalah dengan mengonsumsi buah yang baik untuk asam lambung dan maag.

Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung dan Maag Lainnya

Selain mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk asam lambung dan maag, menerapkan gaya hidup sehat berikut juga penting untuk mencegah asam lambung dan maag kambuh: 

1. Mengubah kebiasaan

Berolahraga secara teratur dan tidak merokok adalah kebiasaan positif yang bisa mencegah asam lambung dan maag.

2. Mengatur pola makan

Anda perlu memiliki jam makan yang sama setiap hari dan tidak makan dua jam sebelum tidur, karena bisa memicu asam naik ke tenggorokan saat tidur. Selain itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil, namun lebih sering.

3. Mengelola stres

Lakukan latihan relaksasi, seperti meditasi atau yoga, untuk mengendalikan stres dan kecemasan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout