Berbagai Obat Asam Lambung Naik Alami

Berikut daftar bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi gejala yang tidak nyaman saat asam lambuung naik:

Berbagai Obat Asam Lambung Naik Alami

Asam lambung yang naik menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya, karena bisa menyebabkan mual dan muntah. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, Anda bisa menggunakan obat asam lambung naik alami untuk mengatasinya.

Jika Anda merasa gejala asam lambung tidak kunjung mereda, cobalah bahan-bahan tradisional yang efektif mengatasi asam lambung naik. Berikut beberapa obat asam lambung naik alami yang perlu Anda ketahui.

Berikut daftar bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi gejala yang tidak nyaman saat asam lambuung naik:

1. Jahe

Dikutip dari Food Science and Nutrition, jahe merupakan salah satu bahan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati gejala asam lambung. Jahe berperan sebagai antibakteri yang efektif membantu mencegah infeksi yang merupakan salah satu penyebab sakit perut. Selain itu, jahe memberi efek kehangatan yang bisa merilekskan kerongkongan, sehingga asam lambung bisa mereda.

2. Jus lidah buaya

Kandungan alkali dalam lidah buaya bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengatasi asam lambung naik. Caranya, konsumsi lidah buaya sebagai jus tanpa tambahan gula atau dicampur dengan buah-buahan segar lainnya.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi, yaitu antioksidan, vitamin B6, asam folat, dan serat. Kombinasi nutrisi tersebut dapat menyerap asam berlebih pada lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi oatmeal secara langsung sebagai sarapan sehari-hari untuk meredakan gejala asam lambung yang tidak nyaman.

4. Yoghurt 

Kandungan probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, yoghurt juga memberi efek dingin pada perut, sehingga efektif mengurangi peradangan karena asam berlebih pada lambung. Anda bisa mengonsumsi yoghurt yang dicampurkan dengan roti gandum utuh dan buah-buahan lainnya, seperti stroberi dan pisang.

5. Daun mint

Penelitian membuktikan bahwa daun mint berkhasiat untuk mencegah masalah pada pencernaan. Selain itu, daun mint juga dapat melepaskan otot-otot pada kerongkongan dan mencegah asam berlebih pada lambung. Daun mint juga memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga bisa membuat Anda nyaman dan rileks.

6. Teh adas

Teh adas berasal dari tanaman adas yang bisa digunakan sebagai obat asam lambung naik yang efektif. Teh adas biasanya digunakan sebagai teh herbal traisional yang dapat mencegah asam berlebih pada lambung. Selain itu, mengonsumsi teh adas secara rutin dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

7. Akar manis

Akar manis atau licorice sejak lama digunakan sebagai obat asam lambung naik. Akar manis berfungsi untuk mengobati asam lambung berlebih dan mengatasi peradangan di sekitar lambung. Selain itu, rempah ini dipercaya dapat menghambat asam lambung agar tidak naik hingga kerongkongan.

8. Teh hijau

Anda pencinta teh herbal tradisional? Sebaiknya konsumsi teh hijau. Tidak hanya wangi dan menyegarkan, teh hijau juga bisa digunakan untuk mengobati asam lambung naik. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan teh hijau dengan madu agar rasanya lebih manis dan lezat atau dikonsumsi secara langsung tanpa tambahan gula. 

Jika Anda sudah menggunakan bahan-bahan alami di atas, namun asam lambung tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout