Blog

Beragam Makanan yang Bisa Menggemukkan Badan

Banyak yang menganggap bahwa kelebihan berat badan membahayakan kesehatan. Namun, risiko kesehatan juga rentan dialami orang dengan berat badan di bawah ideal atau underweight. Untuk mencegah hal ini, Anda dianjurkan untuk makan makanan yang bisa menggemukkan badan.

Tidak semua orang berhasil menggemukkan badan. Hal ini dipicu oleh beragam hal, misalnya metabolisme. Namun, Anda juga tidak dianjurkan untuk menerapkan cara menggemukkan badan yang tidak sehat. Kuncinya adalah makan makanan yang bisa menggemukkan badan, namun sarat gizi dan kalori. Apa saja itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Makanan yang Bisa Menggemukkan Badan

Berikut beragam jenis makanan yang bisa menggemukkan badan dan kaya nutrisi:

1. Alpukat

Alpukat tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dan kalori yang penting untuk menggemukkan badan. Dalam satu alpukat, terkandung 200 kalori. Alpukat juga tinggi serat, kalium, dan vitamin K, sehingga efektif mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh.

2. Daging merah

Leusin yang terkandung dalam daging merah efektif untuk pembentukan protein otot dan jaringan otot, sehingga mempercepat peningkatan berat badan. Daging merah juga tinggi kalori, yaitu 456 kalori dan 49 gram protein. Agar hasilnya optimal, lengkapi dengan sayuran yang tinggi vitamin dan mineral.

3. Kentang

Kentang termasuk makanan yang efektif menggemukkan badan. Kandungan pati dalam kentang berfungsi untuk mempercepat pembentukan jaringan otot dan meningkatkan berat badan secara alami. Kentang juga tinggi serat dan rendah gula, sehingga lebih sehat dan efektif untuk menggemukkan badan dibandingkan nasi.

4. Susu

Anda juga dianjurkan minum susu untuk proses penggemukkan badan. Jika rutin dikonsumsi, susu dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat, lemak, dan protein harian, yang dibutuhkan untuk peningkatan berat badan. Susu juga tinggi vitamin dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Kacang-kacangan

Cara menggemukkan badan adalah memperbanyak kalori. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk banyak makan kacang-kacangan, misalnya kacang almond mentah. Ada banyak gizi yang terkandung dalam kacang tersebut, seperti protein, lemak tak jenuh, dan serat. Untuk lebih meningkatkan kalori, Anda bisa mencampurkan kacang-kacangan dengan makanan lain, misalnya yogurt dan smoothie.

6. Pasta

Makanan yang bisa menggemukkan badan lainnya adalah pasta. Makanan ini tinggi karbohidrat yang penting untuk meningkatkan berat badan. Pasta dapat dikonsumsi sebagai pilihan jika Anda tidak ingin makan nasi. Anda bisa mencampurkan pasta dengan sayuran, keju, atau makanan yang mengandung protein untuk meningkatkan nutrisi harian.

Tips Menggemukkan Badan Lainnya

Setelah makan makanan yang bisa menggemukkan badan, selanjutnya, Anda perlu mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air putih. Cairan tubuh yang tercukupi akan mempercepat proses pencernaan, sehingga makanan mudah diolah. Namun, hindari makanan dan minuman yang tinggi gula. 

Rutin berolahraga juga penting diterapkan agar proses penggemukkan badan berhasil. Pilih olahraga yang efektif meningkatkan kekuatan dan massa otot, misalnya latihan beban, renang, yoga, dan push-up. Massa otot yang meningkat akan membantu meningkatkan berat badan.

Jika Anda sudah makan beragam makanan yang bisa menggemukkan badan, namun berat badan tidak naik, diskusikan dengan dokter agar ditangani sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout