Blog

lauk pauk untuk penderita darah tinggi

Beragam Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menimbulkan berbagai komplikasi darah tinggi yang membahayakan nyawa Anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi lauk pauk untuk penderita darah tinggi.

Minum obat saja tidak cukup untuk menurunkan tekanan darah. Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat. Apa saja makanan yang bisa menurunkan tekanan darah? Berikut beberapa lauk pauk untuk penderita darah tinggi.

Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi

Pemilihan jenis makanan yang tepat sangat penting agar tekanan darah tidak naik. Makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi adalah makanan yang rendah lemak, kolesterol, natrium, namun tinggi akan kalsium, serat, protein, dan kalium. Berikut daftar makanan yang bisa menurunkan darah tinggi:

1. Sayuran hijau

Mengonsumsi setengah cangkir sayuran hijau matang secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa sayuran hijau yang dianjurkan, antara lain sawi, bayam, kale, lobak hijau, serta selada yang tinggi kalium, magnesium, dan serat. Pastikan Anda memilih sayuran segar, karena sayuran kaleng bisa memicu naiknya tekanan darah yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Buah-buahan

Pilihan buah yang dapat menurunkan tekanan darah, antara lain alpukat, tomat, jeruk, semangka, pisang, buah berry, dan buah bit. Salah satu zat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut adalah kalium. Kalium dapat menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga mengurangi tekanan darah. Selain itu, beberapa kandungan lainnya, seperti nitrat, antioksidan, dan vitamin C, juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

3. Yoghurt

Kandungan kalsium dalam yoghurt sangat cocok untuk penderita darah tinggi. Menurut beberapa penelitian, yoghurt juga mengandung probiotik tinggi yang dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Untuk memasukkan yoghurt ke dalam menu harian, Anda bisa mengonsumsinya langsung satu cangkir setiap hari atau dicampur dengan buah, granola, atau kacang-kacangan. Pilihlah yoghurt dengan kandungan gula dan lemak yang rendah.

4. Kentang

Lauk pauk untuk penderita darah tinggi lainnya adalah kentang. Kandungan kalium, magnesium, dan serat dalam kentang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga cocok untuk penderita darah tinggi. Namun, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak garam ketika memasak atau mengonsumsi kentang, karena justru bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Masaklah kentang dengan cara direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

5. Oatmeal

Oatmeal rendah akan natrium dan lemak, serta tinggi serat, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun, jika Anda merasa oatmeal terlalu hambar, tambahkan buah segar atau sedikit madu agar lebih nikmat.

6. Ikan

Ikan juga merupakan lauk pauk yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi. Penelitian yang diterbitkan oleh The Journal Nutrition menyebutkan bahwa makan ikan berlemak sebanyak tiga kali seminggu efektif menurunkan tekanan darah diastolik selama lebih dari delapan minggu. 

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, Anda perlu memperhatikan penambahan garam dalam memasak ikan. Hal ini dikarenakan penggunaan garam yang berlebihan pada makanan justru bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout