Blog

Simak informasi selengkapnya mengenai penyebab dan cara menurunkan kolesterol tinggi di artikel ini.

Beragam Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak dengan beragam manfaat yang penting untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kolesterol, kadar kolesterol harus tetap normal. Jika kadar kolesterol berlebihan, risiko penyakit serius, misalnya penyakit jantung dan stroke, akan meningkat. Untuk mengurangi risiko penyakit serius, ada beragam cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa diterapkan.

Kolesterol diproduksi oleh organ hati dan juga bisa didapatkan dari beragam makanan, misalnya daging dan susu. Kadar kolesterol yang cukup di tubuh penting untuk memproduksi hormon dan membentuk sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol tinggi justru berbahaya untuk kesehatan. Simak informasi selengkapnya mengenai penyebab dan cara menurunkan kolesterol tinggi di artikel ini.

Penyebab dan Faktor Risiko Kolesterol Tinggi

Genetik dan penyakit tertentu adalah faktor risiko kolesterol tinggi yang umum ditemukan. Kolesterol tinggi akibat kelainan genetik adalah familial hypercholesterolemia. Selain itu, berikut beragam penyakit yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi:

  • Penyakit ginjal.
  • Kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme).
  • Diabetes.
  • Lupus.

Orang dengan gaya hidup tidak sehat, misalnya merokok, jarang olahraga, mengonsumsi makanan tidak sehat, dan mengonsumsi minuman beralkohol, juga berisiko kolesterol tinggi.

Selain itu, ada beragam faktor yang meningkatkan risiko kolesterol tinggi, yaitu:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam, secara berlebihan.
  • Mengonsumsi obat tertentu, misalnya obat penghambat sistem imun (imunosupresan), obat kanker, atau obat kortikosteroid.
  • Lansia.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala yang signifikan di awal, sehingga kerap tidak disadari oleh penderitanya. Kolesterol tinggi bahkan disadari ketika penderitanya sudah terkena komplikasi serius. 

Meski jarang ditemukan, kolesterol tinggi juga bisa menimbulkan gumpalan lemak di kelopak mata atau kulit. Selain itu, kolesterol tinggi bisa disertai dengan trigliserida tinggi. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko komplikasi serius, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin ke dokter.

Komplikasi Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Namun, kadar kolesterol berlebihan bisa mengendap di pembuluh darah dan membentuk plak. Kondisi ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan menghambat aliran darah atau disebut dengan aterosklerosis. Aterosklerosis adalah kondisi yang berisiko komplikasi serius, yaitu:

  • Batu empedu.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Penyakit jantung koroner.
  • Penyakit arteri perifer.
  • Penyakit ginjal.
  • Stroke.
  • Serangan jantung.

Beragam Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Penggunaan obat kolesterol yang diberikan oleh dokter bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tinggi. Namun, dokter umumnya merekomendasikan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami, seperti mengubah gaya hidup dan mengonsumsi makanan sehat, sebelum mengonsumsi obat. Tidak hanya minim efek samping, menerapkan beragam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang. Berikut beragam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa dicoba:

  1. Memperbanyak asupan makanan berserat

Serat berfungsi untuk mengikat lemak dan mencegah penyerapan kolesterol di usus, sehingga kadar kolesterol di darah bisa berkurang. Untuk mencukupi kebutuhan serat harian, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, misalnya buah-buahan, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan.

2. Memperbanyak asupan makanan kaya lemak sehat

Untuk menurunkan kolesterol secara alami, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan lemak sehat harian. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sumber lemak sehat, misalnya alpukat dan telur. Selain itu, Anda perlu mengonsumsi ikan kaya akan asam lemak omega-3, misalnya ikan salmon, makarel, dan sarden.

3. Membatasi makanan manis

Cara menurunkan kolesterol tinggi berikutnya adalah membatasi makanan manis. Hal ini dikarenakan konsumsi makanan tinggi gula secara berlebihan meningkatkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi kadar kolesterol baik di tubuh. Selain itu, Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula tambahan dan mengecek kadar gula di label makanan atau minuman yang dikonsumsi.

4. Membatasi makanan dengan kandungan lemak jahat

Anda juga perlu menghindari makanan dengan kandungan lemak jahat, misalnya lemak trans dan lemak jenuh, agar kadar kolesterol terkendali. Lemak trans dan lemak jenuh adalah jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Beragam jenis makanan yang tinggi lemak trans dan lemak jenuh, misalnya makanan olahan manis, gorengan, makanan cepat saji, dan roti panggang.

5. Berhenti merokok

Merokok adalah faktor pemicu kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Kebiasaan merokok berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Jika Anda berhenti merokok, tubuh dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dengan cepat. HDL berperan penting untuk membuang kolesterol jahat dan mengirimkannya ke hati.

6. Membatasi konsumsi minuman beralkohol

Membatasi konsumsi minuman beralkohol juga bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan meningkatkan risiko beragam gangguan kesehatan, misalnya kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dan penyakit kardiovaskular. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi alkohol, asalkan takarannya dibatasi, yaitu tidak lebih dari 300 ml setiap hari.

7. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga setidaknya 30 menit per hari adalah cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa dicoba. Jika Anda belum terbiasa berolahraga setiap hari, mulailah dengan berolahraga selama 10 menit dalam beberapa hari, lalu tingkatkan durasinya secara bertahap. Ada beragam jenis olahraga untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, misalnya berenang, bersepeda, senam aerobik, joging, dan berkebun.

8. Mengelola stres dengan baik

Stres yang tidak dikelola dengan tepat ternyata bisa meningkatkan risiko beragam penyakit serius. Penelitian menemukan bahwa stres jangka panjang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Hal ini dikarenakan ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Untuk mengontrol kadar kolesterol, Anda dianjurkan untuk mengelola stres dengan tepat, misalnya yoga, meditasi, latihan pernapasan, dan terapi musik.

Itulah cara-cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa dicoba. Lakukan cara-cara di atas secara rutin dan konsisten agar hasilnya optimal. Selain itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin ke dokter untuk mendeteksi kolesterol tinggi sejak dini, sehingga bisa ditangani dengan tepat.

Jika Anda sudah menerapkan beragam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami, namun kadar kolesterol tidak berkurang atau bahkan semakin meningkat, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda, misalnya pemberian obat kolesterol.

Jika ada pertanyaan terkait cara-cara menurunkan kolesterol tinggi, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui pola makan sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout