Blog

cara menggemukan badan yang susah gemuk

Beragam Cara Menggemukkan Badan yang Susah Gemuk

Seperti halnya kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga berdampak buruk untuk kesehatan. Ada banyak risiko kekurangan berat badan, seperti kurang darah, malnutrisi, dan gangguan kesuburan. Lalu, bagaimana cara menggemukkan badan yang susah gemuk?

Agar tidak kelebihan atau kekurangan, penting untuk menjaga berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh. Bagi Anda yang kekurangan berat badan, berikut beragam cara menggemukkan badan yang susah gemuk.

Cara Menggemukkan Badan yang Susah Gemuk dengan Aman

Mengubah kebiasaan adalah cara yang sehat dan minim efek samping untuk mempercepat kenaikan berat badan. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa diterapkan untuk menggemukkan badan yang susah gemuk:

1. Rutin berolahraga

Selain melangsingkan badan, olahraga juga bermanfaat untuk menggemukkan badan. Pilih olahraga untuk kekuatan dan massa otot, sehingga berat badan meningkat, misalnya, sit-up, push-up, tricep dips, renang, dan pull up. Olahraga juga efektif meningkatkan nafsu makan, sehingga mempercepat asupan kalori terpenuhi.

2. Tidur berkualitas

Tidur berkualitas dan nyenyak dianjurkan untuk menggemukkan badan yang susah gemuk. Cara ini juga bermanfaat untuk mempercepat pembentukan jaringan tubuh. Oleh karena itu, orang dewasa perlu tidur setidaknya 7-9 jam per hari.

Ada beragam upaya yang perlu diterapkan untuk tidur nyenyak, misalnya, meredupkan lampu sebelum tidur, tidak menatap layar gadget menjelang tidur, tidak makan berat menjelang tidur, dan mandi air hangat.

3. Menerapkan pola makan sehat

Cara menggemukkan badan yang susah gemuk lainnya adalah mencukupi asupan nutrisi dan kalori. Sejumlah nutrisi yang dianjurkan, antara lain lemak, protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi untuk mempercepat pembentukan jaringan lemak dan menyediakan kebutuhan energi. Sedangkan, protein berfungsi untuk meningkatkan massa otot dan berat badan. Selain itu, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta air putih. Namun, hindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan garam.

4. Lebih sering makan

Agar badan cepat gemuk, perbanyak kalori dan nutrisi dengan meningkatkan frekuensi makan. Jika tidak mampu makan dengan jumlah banyak, Anda dianjurkan makan dengan jumlah sedikit, namun berkelanjutan. Misalnya, makan hingga 6 kali per hari, namun dengan jumlah sedikit.

5. Minum susu whey protein

Minum susu whey protein bisa diterapkan untuk menggemukkan badan yang susah gemuk. Susu whey adalah sisa susu dari produksi keju yang bermanfaat untuk menambah berat badan dan mempercepat pembentukan otot. Intinya, kenaikan berat badan tidak hanya soal pertambahan lemak, namun juga massa otot. Jika dilengkapi dengan rutin berolahraga, susu whey efektif memperbaiki kerusakan otot. Namun, jenis susu ini tidak dianjurkan untuk penderita intoleransi laktosa, karena bisa memperparah gejalanya.

6. Minum jus atau smoothie

Minum jus atau smoothie yang tinggi kalori juga efektif menggemukkan badan. Untuk meningkatkan kalori, campurkan sayur atau buah-buahan ke dalam smoothie atau jus, sehingga ampuh meningkatkan berat badan dan menjaga kesehatan.

Jika Anda sudah menerapkan cara-cara di atas, namun belum berhasil menggemukkan badan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar bisa ditangani dengan tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout