Blog

trigliserida tinggi pantang makan apa

Apa Pantangan Makanan Trigliserida Tinggi? Ini Penjelasannya

Trigliserida adalah lemak yang berasal dari makanan. Agar tetap sehat, kadar trigliserida harus di bawah 150 mg/dl untuk mencegah risiko penyakit yang serius. Agar kadar trigliserida normal, ada beragam makanan yang perlu dihindari. Apa saja pantangan makanan trigliserida tinggi?

Pola makan sehat adalah kunci agar kadar trigliserida normal, misalnya membatasi asupan lemak tidak sehat, gula, dan karbohidrat. Apa saja makanan pantangan trigliserida tinggi dan bagaimana cara menurunkan kadarnya? Berikut informasi selengkapnya.

Daftar Pantangan Makanan Trigliserida Tinggi

Ada beragam jenis pantangan makanan untuk pengidap trigliserida tinggi, yaitu:

1. Makanan tinggi lemak jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh adalah pantangan untuk pengidap trigliserida tinggi, misalnya daging merah, sosis, jeroan, dan daging asap. Daging tanpa lemak direkomendasikan untuk pengidap trigliserida tinggi, namun konsumsi dalam batas yang wajar.

2. Roti dan kue

Kandungan gula dan tepung yang tinggi pada roti dan kue berisiko meningkatkan jumlah lemak di tubuh, sehingga bisa meningkatkan kadar trigliserida. Selain itu, makanan yang perlu dihindari oleh pengidap trigliserida tinggi lainnya adalah pizza, biskuit, dan pasta.

3. Susu dan olahannya

Makanan pantangan trigliserida tinggi lainnya adalah susu dan produk olahannya, misalnya yoghurt dan keju. Susu dan produk olahannya tinggi lemak jenuh yang berisiko meningkatkan kadar trigliserida. Oleh karena itu, pilih susu yang baik untuk pengidap trigliserida tinggi, misalnya susu rendah lemak atau susu nabati, seperti susu almond dan susu kedelai.

4. Makanan siap saji

Makanan siap saji diolah dengan cara digoreng dengan penambahan gula dan garam untuk meningkatkan rasanya, sehingga tinggi lemak jenuh. Oleh karena itu, pengidap trigliserida tinggi dianjurkan menghindari makanan ini untuk mencegah peningkatan kadar trigliserida.

5. Nasi putih 

Nasi putih juga perlu dihindari oleh pengidap trigliserida tinggi, karena tinggi karbohidrat, gula, dan kalori. Untuk mencegah peningkatan kadar trigliserida, Anda bisa membatasi porsi nasi putih dan memperbanyak makanan tinggi serat, misalnya kacang-kacangan dan sayur. Anda juga bisa mengganti nasi putih dengan pilihan yang lebih sehat, misalnya nasi merah, quinoa, atau sorgum.

6. Gorengan

Makanan sehat yang digoreng dengan minyak akan berisiko meningkatkan kadar trigliserida, misalnya minyak kelapa dan mentega. Pilih minyak goreng yang sehat, misalnya minyak zaitun, minyak kanola, minyak kedelai, dan minyak biji bunga matahari.

Cara Menurunkan Kadar Trigliserida Tinggi Secara Alami

Untuk mengurangi asupan lemak berlebihan, pengidap trigliserida tinggi dianjurkan mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Namun, jangan campurkan garam atau gula berlebihan ke dalamnya. Menerapkan pola hidup sehat juga penting untuk mengurangi kadar trigliserida tinggi, misalnya tidak merokok, tidak minum alkohol, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan mengelola stres dengan tepat. Selain itu, pengidap trigliserida tinggi dianjurkan untuk memperbanyak asupan serat, misalnya sayuran, buah-buahan, tempe dan tahu, serta kacang-kacangan. 

Untuk memantau kadar trigliserida dan mencegah komplikasi, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. Jika Anda masih ada pertanyaan mengenai makanan pantangan trigliserida tinggi lainnya atau pola makan yang sesuai dengan kondisi Anda, konsultasikan ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout