Blog

apa arti anxiety

Mengenal Apa Arti Anxiety dan Berbagai Gejalanya

Hampir sebagian besar orang tentunya pernah mengalami yang namanya rasa cemas atau dikenal dengan istilah anxiety. Ya, kondisi ini biasanya terjadi sebagai bentuk luapan emosi diri seseorang yang sedang mengalami stress atau tertekan. Namun tahukah Anda, apa arti anxiety sendiri dan apa saja gejala yang ditimbulkan, simak jawabannya di artikel berikut ini.  

Apa yang dimaksud dengan anxiety?

Anxiety atau rasa cemas umumnya merupakan suatu kondisi normal yang sering kali dirasakan oleh seseorang ketika mengalami situasi ataupun mendengar kabar yang membuat mereka merasa takut dan khawatir. Kendati demikian, terjadinya gangguan anxiety juga perlu diwaspadai oleh seseorang jika muncul tanpa sebab atau bahkan mungkin sulit untuk dikendalikan. Pasalnya, kondisi anxiety yang berlebihan tersebut kemungkinan besar bisa disebabkan karena adanya gangguan kecemasan. Bahkan jika kondisi gangguan anxiety tidak dapat terkontrol, maka hal ini akan menyebabkan ketakutan. 

Tanda / gejala gangguan anxiety yang dialami seseorang

Perlu Anda ketahui, bahwa gangguan anxiety yang dialami oleh seseorang, biasanya memiliki beberapa tanda / gejala yang bisa kita kenali dengan mudah. Adapun beberapa tanda / gejala dari gangguan anxiety, antara lain sebagai berikut.  

1. Sulit tidur

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa apa arti anxiety merupakan rasa cemas yang biasanya berkaitan dengan masalah kesehatan pada tubuh, baik fisik maupun mental. Sehingga tanda dari gangguan anxiety sendiri yakni akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Jika Anda mengalami kesulitan tidur selama berhari – hari karena adanya rasa cemas dan khawatir tanpa sebab, maka sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan ke tenaga medis kejiwaan yang ahli di bidangnya. 

2. Penderita mengalami trauma

Tanda lain dari gangguan anxiety selanjutnya, yakni penderita biasanya mengalami trauma yang dialami selama ini. Dalam hal ini, penderita biasanya akan sebisa mungkin menghindari semua hal yang dapat memicu terjadinya rasa trauma tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, agar mereka tidak merasa ketakutan akan mengalami kejadian serupa di masa sekarang.  

3. Sering mengalami ketegangan otot pada tubuh

Seseorang yang mengalami masalah anxiety, biasanya akan sering mengalami ketegangan otot pada bagian tubuh tertentu seperti otot rahang yang mengeras dan sering kali mengepalkan tangan sampai bergetar. Umumnya, kondisi ini ditimbulkan sebagai upaya bagi si penderita anxiety untuk dapat mengontrol rasa cemas dan khawatir berlebihan di dalam dirinya. 

4. Sering kali merasa panik 

Adapun tanda dan gejala lain dari gangguan anxiety, yakni seseorang akan sering kali merasa panik. Kondisi ini, biasanya akan terjadi bersamaan dengan beberapa tanda lainnya seperti jantung berdebar kencang, keluar keringat dingin pada tubuh secara terus menerus dan rasa nyeri di dada dan perut. Gejala yang seperti ini, biasanya akan terjadi secara berulang kali dalam jangka waktu tertentu.

Demikianlah tadi topik pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui seputar apa arti anxiety dan berbagai tanda / gejalanya yang umum dialami oleh penderita. Jika mendapati gangguan anxiety, segera lakukan pemeriksaan sejak dini agar tidak memperburuk kondisi kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout