Blog

cara mengatasi asam urat

Aman dan Mudah Diterapkan, Ini 6 Cara Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan kondisi ketika tubuh sulit membuang kelebihan asam urat akibat adanya gangguan pada fungsi ginjal. Pada sebagian besar kasus, asam urat tidak memperlihatkan gejala hingga terjadi serangan akut. Untuk mengurangi risikonya, Anda perlu melakukan cara mengatasi asam urat.

Kunci dari mengatasi asam urat adalah menerapkan gaya hidup yang sehat. Meski tidak bisa disembuhkan secara total, Anda bisa menurunkan risiko terjadinya serangan asam urat. Berikut 5 cara mengatasi asam urat yang aman dan mudah untuk diterapkan.

Pantau kadar asam urat Anda

Langkah pertama untuk mencegah terjadinya asam urat adalah memantau kadar asam urat dengan menggunakan alat tes asam urat yang dapat dibeli di apotek. Agar hasilnya lebih akurat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk menggunakan alat ini dengan benar. Perlu diketahui, kadar asam urat normal perempuan adalah di bawah 6 mg/dL dan laki-laki di bawah 7 mg/dL.

Berolahraga secara teratur

Risiko terjadinya serangan asam urat secara tiba-tiba bisa dikurangi dengan rutin berolahraga. Rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan sendi, sehingga dapat mencegah nyeri yang muncul saat terjadi asam urat. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit untuk 5 hari dalam seminggu.

Jaga berat badan dengan diet yang tepat

Serangan asam urat lebih berisiko pada orang-orang yang berat badannya berlebih atau mengonsumsi makanan tinggi lemak dan purin. Oleh karena itu, cara mengatasi asam urat berikutnya adalah pola makan yang sehat untuk menjaga berat badan ideal. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta karbohidrat kompleks seperti gandum. Untuk asupan protein, pilihlah daging tanpa lemak, daging ayam, ikan, susu rendah lemak, dan yogurt. Hindari makanan dan minuman yang meningkatkan risiko asam urat, seperti daging merah, seafood, makanan manis, jeroan, dan alkohol. 

Perbanyak minum air putih

Asupan cairan tubuh yang cukup merupakan salah satu cara untuk mengatasi asam urat yang efektif, meski tidak secara langsung. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih, minimal delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Dengan minum air putih, dapat membantu mengangkut zat-zat racun dan yang sudah tidak terpakai, termasuk kelebihan asam urat. Menurut para ahli kesehatan, minum air putih dapat membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di tubuh. Selain itu, mengonsumsi buah yang mengandung tinggi air juga dapat menjadi salah satu cara untuk melancarkan pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

Hindari stres

Selain berpengaruh pada suasana hati, stres juga berdampak negatif pada kesehatan. Ketika terjadi stres, daya tahan tubuh menurun dan risiko peradangan meningkat. Kedua kondisi tersebut dapat memicu peningkatan risiko asam urat dalam darah, yang ditandai dengan adanya beberapa gejala. Kunci agar terhindar dari stres adalah menjaga tubuh dan pikiran tetap tenang dengan melakukan meditasi atau yoga. Kedua jenis olahraga ini dapat membantu mencegah stres dan melenturkan persendian melalui gerakan-gerakannya.

Menjaga kadar insulin

Kadar insulin dalam darah yang berlebihan dapat memicu kelebihan asam urat. Dengan menjaga kadar insulin tetap normal dapat menjadi salah satu cara mengatasi asam urat. Untuk memastikan kadar insulin Anda tetap normal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan gula darah secara rutin dan penanganan asam urat yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout