Blog

makanan yang mengandung kolesterol

7 Jenis Makanan yang Mengandung Kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, maka dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Selain itu, orang dengan riwayat penyakit jantung, stroke, dan diabetes, juga disarankan untuk menghindari jenis makanan tersebut.

Salah satu cara untuk menjaga kolesterol normal adalah mengonsumsi makanan dengan kolesterol tidak lebih dari 200 mg per hari. Apa saja jenis makanan tinggi kolesterol yang perlu dihindari? Berikut beberapa di antaranya.

Jenis Makanan yang Mengandung Kolesterol

Menjaga kolesterol tetap normal dapat membuat Anda terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan tinggi kolesterol berikut:

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti hamburger dan pizza, memiliki kandungan kolesterol sekitar 85-180 mg dalam satu porsinya. Jumlah kolesterol tersebut akan meningkat jika Anda minum soda dan makan kentang goreng secara bersamaan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membatasi jenis makanan ini dan mengganti minuman bersoda dengan air putih untuk mencegah kolesterol tinggi.

2. Es krim

Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu donat dan burger. Untuk mengganti es krim sebagai hidangan penutup, Anda bisa mengonsumsi semangkuk buah segar yang tinggi serat dan rendah kalori. Selain itu, buah juga termasuk makanan yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Steak

Steak daging sapi juga merupakan salah satu makanan yang tinggi kolesterol. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsinya sama sekali. Agar kolesterol terjaga, sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah, seperti bagian perut sapi. Dalam sepotong daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 300 mg kolesterol.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

4. Telur

Telur memang salah satu sumber protein yang baik, namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan telur tinggi kolesterol. Oleh karena itu, jika sudah mengonsumsi telur sebagai menu sarapan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi sumber kolesterol lain, seperti daging berlemak dan jeroan, sebagai menu makan siang. Penderita kolesterol tinggi masih diperbolehkan untuk mengonsumsi 4-6 telur per minggu.

5. Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut, seperti lobser, merupakan salah satu makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Dalam setiap 100 gr lobster, terkandung sekitar 70 mg kolesterol. Oleh karena itu, Anda sebaiknya konsumsi makanan laut, seperti ikan, dan sebaiknya ikan tersebut diolah dengan cara direbus atau dikukus.

6. Jeroan

Jeroan atau bagian isi perut dan organ hewan, seperti babat, otak, atau usus, mengandung banyak kolesterol dibandingkan bagian dagingnya. Selain itu, jeroan juga mengandung asam urat. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami kolesterol tinggi, sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan, untuk menjaga kolesterol normal.

7. Susu dan keju

Jenis makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi lainnya adalah susu dan keju. Anda masih bisa mengonsumsi susu dan keju jika memiliki kolesterol tinggi, namun pilih susu dan keju yang rendah lemak.

Itulah beberapa jenis makanan yang perlu dibatasi agar kolesterol tetap terjaga. Meski tidak dilarang sama sekali, namun Anda tetap harus bijak dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Selain menghindari beberapa makanan di atas, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout