Blog

ciri ciri kolesterol tinggi

7 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Namun, jika kolesterol tinggi, justru bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit yang berbahaya. Apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai?

Kolesterol dapat memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Namun, jika kolesterol berlebihan dalam darah, maka bisa menghambat aliran darah dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Berikut ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Jika kadar kolesterol dalam darah melebihi kadar normal, maka dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Umumnya, kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 miligram per desiliter. Kolesterol tinggi jika angka hasil pemeriksaan darah mencapai 240 miligram per desiliter. Berikut ciri-ciri gejala kolesterol tinggi:

1. Sakit kepala

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang sering muncul adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala tersebut biasanya sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan berkurang setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

2. Gangguan pencernaah

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai berikutnya adalah gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan tingginya kadar kolesterol bisa menciptakan ketidakseimbangan empedu, sehingga menyebabkan munculnya batu empedu. Bahkan, ada sekitar 80 persen lebih kasus batu empedu yang terjadi karena kolesterol tinggi.

3. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Kaki dan tangan yang mudah kesemutan adalah gejala yang mungkin muncul akibat kolestrol tinggi. Tidak hanya itu, kaki juga akan terasa nyeri atau tidak nyaman digunakan ketika berjalan atau digerakkan. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol yang berlebih bisa menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki menyempit, sehingga menyebabkan aliran darah ke beberapa bagian tubuh berkurang, salah satunya pada area kaki. Selain itu, gejala yang muncul akibat kolestrol tinggi juga bisa terjadi pada area tangan. Akibatnya, tangan dan kaki mudah lelah atau kram.

4. Mudah lelah

Salah satu gejala umum kolesterol tinggi adalah tubuh yang mudah lelah. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup, sehingga berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sedangkan jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah.

5. Dada terasa nyeri

Kolesterol tinggi juga ditandai dengan munculnya komplikasi, yaitu nyeri dada atau disebut angina. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, sehingga meningkatkan risiko penderita mengalami serangan jantung.

6. Otot kaki lemah

Otot kaki yang lemah merupakan gejala kolesterol tinggi lainnya. Kondisi ini terjadi ketika ada penyumbatan pada pembuluh darah arteri dan menyebabkan arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, sehingga otot kaki menjadi sangat lemah.

7. Rahang terasa sakit

Jika rahang Anda terasa sakit, sebaiknya waspada. Rasa sakit pada rahang juga merupakan gejala serangan jantung akibat kolesterol tinggi. Selain itu, rasa sakit pada rahang juga bisa menandakan penyakit jantung koroner, yaitu kondisi yang terjadi akibat kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Arteri koroner juga bisa disebabkan terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout