Blog

cara mengobati migrain

6 Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat

Migrain merupakan sakit kepala yang terasa berdenyut dengan intensitas sedang hingga berat. Migrain biasanya disertai dengan gejala mual, muntah, atau sensitif terhadap cahaya dan suara. Untuk meredakannya, Anda bisa menerapkan beberapa cara mengobati migrain.

Ketika migrain menyerang, biasanya konsumsi obat menjadi salah satu solusi yang dipilih banyak orang. Namun, ternyata ada juga cara mengobati ambeien tanpa obat yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat

Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan migrain sepenuhnya. Hal ini dikarenakan proses terjadinya migrain juga belum bisa dipastikan, sehingga penggunaan obat hanyalah salah satu cara untuk membantu mengurangi gejalanya. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengobati migrain tanpa obat yang bisa Anda terapkan berikut:

1. Relaksasi dan tidur

Saat migrain menyerang, penderitanya menjadi lebih sensitif terhadap suara dan cahaya. Oleh karena itu, untuk meredakan gejalanya, dianjurkan untuk berhenti dari aktivitas dan beristirahat di dalam ruangan yang hening dan gelap. Selain itu, tidur yang cukup dan teratur juga dapat mengobati migrain. Hal ini dikarenakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh otak saat tidur dapat meringankan rasa sakit, sehingga bisa mencegah migrain.

2. Kompres dingin atau hangat

Cara mengobati migrain tanpa obat berikutnya adalah dengan kompres dingin atau hangat. Untuk kompres dingin, Anda bisa menempelkan kantung berisi es di dahi atau di belakang leher untuk mengurangi rasa nyeri saat migrain. Sedangkan untuk kompres hangat, Anda bisa mandi dengan air hangat untuk meredakan gejala migrain.

3. Kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah sedikit ternyata juga dapat mengurangi rasa nyeri, termasuk migrain. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi kafein berlebihan justru akan menimbulkan sakit kepala setelah efeknya mulai menghilang.

4. Meditasi atau yoga

Meditasi atau yoga juga bisa menjadi salah satu cara mengobati migrain tanpa obat. Meditasi dengan cara duduk di suatu tempat yang tenang dan memusatkan pikiran pada pernapasan bermanfaat untuk meringankan nyeri akibat migrain. Selain itu, Anda juga bisa melakukan yoga untuk meredakan keparahan migrain dan menurunkan risiko kambuhnya migrain.

5. Aroma lavender

Menghirup aroma lavender merupakan cara mengobati migrain tanpa obat yang juga bisa Anda coba. Penelitian menemukan bahwa orang yang menghirup aroma minyak lavender selama 15 menit mengalami penurunan rasa sakit kepala yang signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak menghirupnya. 

6. Pijat

Memberikan pijatan lembut pada area dahi juga dapat membantu relaksasi dan melancarkan aliran darah, sehingga bisa mengobati migrain. Meski tidak semua orang cocok, karena dapat membuat penderitanya menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, namun cara ini bisa Anda pertimbangkan.

Itulah beberapa cara mengobati migrain tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Agar terhindar dari serangan migrain, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejalanya, seperti cokelat, daging olahan, keju, makanan yang tinggi MSG, dan minuman beralkohol. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi magnesium, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan. 

Jika Anda telah melakukan cara-cara di atas, namun sakit kepala tidak kunjung membaik, bahkan semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout