Blog

cara mengobati cegukan

6 Cara Mengobati Cegukan Secara Alami

Cegukan merupakan kondisi ketika ada kejang pada diafragma, yaitu otot yang memisahkan rongga dada dari rongga perut. Kejang tersebut menyebabkan asupan napas berhenti secara tiba-tiba di penutupan pita suara, sehingga memicu munculnya suara “hiccup”. Untuk mengatasinya, ada cara mengobati cegukan secara alami.

Cegukan bisa disebabkan oleh stres, perut kembung, makan terlalu cepat, merokok, dan minum minuman panas atau bersoda. Meski banyak yang menganggap sepele, namun cegukan berlebihan bisa menandakan adanya gangguan kesehatan. Untuk mencegahnya, berikut beberapa cara mengobati cegukan secara alami:

Gigit jeruk nipis

Cara mengobati cegukan secara alami yang pertama adalah menggigit jeruk nipis. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan pada syaraf vagus yang menjadi salah satu penyebab cegukan.

Makan gula

Mengonsumsi gula ternyata bisa menjadi salah satu cara mengobati cegukan yang efektif. Hal ini dikarenakan gula berfungsi untuk mengubah alur pernapasan menjadi lebih efektif. Caranya cukup mudah, yaitu sediakan satu sendok gula pasir, lalu penuhi mulut Anda dengan gula. Setelah itu, diamkan beberapa detik dan biarkan gula larut secara perlahan tanpa mengunyahnya hingga Anda merasa cegukan hilang.

Makan cuka

Mengonsumsi cuka adalah cara mengobati cegukan secara alami berikutnya. Hal ini dikarenakan rasa asam dari cuka yang Anda makan dapat mengalihkan pikiran. Caranya, cukup campurkan satu sendok cuka (misalnya, cuka putih, cuka gandum, dan cuka apel) dengan sedikit air. Setelah itu, telan secara perlahan hingga cegukan hilang.

Menahan napas sebentar

Kadar karbondioksida yang tinggi ternyata bermanfaat untuk mengatasi cegukan. Oleh karena itu, Anda bisa meredakan cegukan dengan melakukan teknik menahan napas selama beberapa detik. Setelah cukup, hembuskan napas kembali. Jika cegukan belum hilang, Anda bisa menelannya bersama dengan udara. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini beberapa kali hingga Anda merasa cegukan mulai hilang.

Tahan napas dengan kantong kertas

Cara lain untuk mengatasi cegukan adalah bernapas ke dalam kantong kertas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan karbondioksida di dalam tubuh, sehingga membuat diafragma berkontraksi lebih dalam untuk membawa lebih banyak oksigen. Setelah itu, arahkan kantong kertas di sekitar mulut, lalu tahan napas selama 10 detik dan hembuskan napas di luar kantong kertas. Lakukan cara ini beberapa kali hingga cegukan hilang.

Minum air hangat

Minum air hangat juga bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan secara alami. Hal ini dikarenakan air hangat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen, sehingga dapat mencukupi kebutuhan oksigen di dalam tubuh. Caranya, sediakan air hangat, lalu minum dan tahan napas beberapa detik. Setelah cukup, Anda bisa menghembuskan napas kembali sambil menelan air hangat tersebut. Agar hasilnya optimal, lakukan beberapa kali hingga cegukan hilang.

Itulah beberapa cara mengobati cegukan secara alami. Untuk mencegahnya, saat makan atau minum, sebaiknya dilakukan secara perlahan. Namun, jika cegukan disebabkan oleh kondisi emosi, gugup, atau stres, sebaiknya tarik napas dalam dan coba menenangkan diri agar cegukan hilang. Jika cara-cara di atas telah dilakukan dan cegukan belum juga hilang hingga 3 jam atau lebih dari 48 jam, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout