Blog

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan tidak normal

5 Obat Keputihan Alami yang Bisa Anda Coba

Keputihan adalah kondisi keluarnya cairan dari vagina. Jika normal, keputihan bisa menjaga vagina tetap bersih dan sehat. Namun, jika tidak normal, keputihan bisa berbahaya untuk kesehatan dan perlu diobati, salah satunya dengan obat keputihan alami.

Selain obat-obatan medis, obat keputihan alami juga efektif dalam mengatasi keputihan tidak normal. Selain itu, obat keputihan alami juga bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut obat keputihan alami yang bisa Anda coba.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan tidak normal:

1. Kunyit

Selain dikenal sebagai bahan pelengkap masakan, kunyit ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati keputihan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans dan bakteri yang menyebabkan keputihan. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi kuyit sebagai minuman jamu atau aplikasikan pada vagina yang mengalami keputihan. Meski demikian, efektivitas kunyit dalam mengatasi keputihan masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Daun sirih

Tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia ini sejak lama dikenal sebagai obat herbal. Selain digunakan untuk kesehatan kulit, sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat keputihan alami. Caranya, konsumsi daun sirih dengan direbus terlebih dahulu atau dihaluskan dan dioleskan ke area kewanitaan.

Penelitian juga menemukan bahwa daun sirih memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas daun sirih sebagai obat keputihan alami.

3. Yogurt

Makanan yang mengandung probiotik (bakteri baik) dapat membantu mencegah infeksi jamur dan bakteri di area vagina. Salah satu makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa kandungan probiotik dalam yogurt efektif untuk mengatasi infeksi jamur dan bakteri yang menyebabkan keputihan. Menggunakan yogurt untuk mengobati keputihan juga dianggap aman untuk ibu hamil dan wanita yang sudah menopause. 

Cara menggunakan yogurt untuk mengobati keputihan adalah dengan mengoleskannya pada vagina. Sebaiknya pilih yogurt murni tanpa tambahan gula yang berisiko meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas yogurt dalam mengatasi keputihan. 

4. Cuka apel

Obat keputihan alami berikutnya adalah cuka apel. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki sifat asam yang dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi di vagina. Caranya, masukkan setengah gelas cuka apel ke dalam bak mandi, lalu berendamlah di dalamnya selama 20 menit. 

Namun, jangan gunakan cuka apel secara langsung pada area kewanitaan, karena alih-alih membunuh bakteri dan jamur yang jahat, justru akan membunuh bakteri baik pada vagina. Selain itu, mengaplikasikan cuka apel secara langsung ke vagina bisa menyebabkan iritasi.

5. Minyak kelapa murni

Bahan alami yang bisa mengatasi keputihan lainnya adalah minyak kelapa murni. Minyak ini dihasilkan dari sari daging buah kelapa. Seperti halnya yogurt, minyak kelapa murni juga dapat mencegah infeksi jamur dan bakteri pada vagina yang menyebabkan keputihan. Untuk menggunakan minyak kelapa murni sebagai obat keputihan alami, aplikasikan secara langsung pada area kewanitaan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout