Blog

5 Obat Ambeien Alami untuk Meringankan Gejala. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi ambeien

5 Obat Ambeien Alami untuk Meringankan Gejala

Ambeien adalah kondisi peradangan di pembuluh darah sekitar anus. Kondisi ini disebabkan oleh adanya tekanan yang meningkat di anus dan bagian bawah rektum. Untuk mengurangi gejalanya, obat ambeien alami bisa menjadi pilihan.

Ambeien yang masih dalam tahap ringan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis. Namun, jika gejalanya sudah menghambat aktivitas sehari-hari, Anda bisa menggunakan obat-obatan, seperti beberapa obat ambeien alami berikut.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, namun obat ambeien alami tetap diperlukan untuk meringankan gejala dan mencegah kekambuhan gejala. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi ambeien:

1. Minyak mineral dan minyak esensial

Anda bisa menggunakan beberapa jenis minyak mineral dan minyak esensial untuk mengobati ambeien, seperti minyak vitamin E, minyak kelapa, minyak ikan, ekstrak kacang almond, serta petroleum jelly.

Minyak tersebut dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan karena ambeien, serta berperan sebagai pelembap untuk mengurangi perih dan gatal karena iritasi kulit di sekitar anus.

2. Lidah buaya

Tidak hanya menjaga kesehatan rambut, lidah buaya ternyata dapat digunakan sebagai obat ambeien alami. Tanaman ini memiliki beragam manfaat, antara lain mempercepat pemulihan pada ambeien yang disertai luka, mengurangi peradangan pada ambeien, dan mengurangi rasa gatal atau perih pada anus karena ambeien.

Caranya, gunakan gel atau krim dengan kandungan ekstrak lidah buaya atau Anda bisa mengaplikasikan lidah buaya yang sudah dihaluskan secara langsung ke anus yang mengalami peradangan karena ambeien. Agar berhasil, lakukan setidaknya 2-3 kali sehari, hingga gejala ambeien teratasi.

Meski demikian, hingga saat ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan efektivitas lidah buaya terhadap ambeien, namun penggunaannya termasuk aman.

3. Witch hazel

Kandungan tanin dan minyak alami dalam witch hazel bermanfaat untuk membantu mengatasi iritasi dan peradangan di anus karena ambeien. Tanaman ini juga dapat mengurangi rasa perih, nyeri, dan gatal akibat ambeien. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan krim atau salep yang mengandung ekstrak witch hazel. 

4. Kompres es batu

Untuk meringankan pembengkakan dan nyeri akibat ambeien, Anda juga bisa mengompres dengan es batu. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, kemudian kompres bagian anus yang terasa nyeri dan gatal selama 15 menit.

5. Berendam air hangat

Berbagai keluhan karena ambeien, seperti nyeri, iritasi, dan gatal pada anus bisa diatasi dengan merendam bagian anus di air hangat. Caranya, isi bak mandi dengan air hangat, kemudian berendam selama 20 menit. Setelah itu, keringkan bagian anus secara perlahan dengan menggunakan handuk bersih. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini setidaknya 2-3 kali sehari.

Selain beberapa cara alami di atas, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah kekambuhan gejala ambeien. Beberapa kebiasaan sehat yang dianjurkan adalah berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. 

Obat ambeien alami memang termasuk aman, namun hingga saat ini, penelitian belum bisa membuktikan efektivitas dan efek samping obat ambeien alami tersebut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan alami dan dokter bisa memeriksa dan menangani kondisi Anda dengan tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout