Blog

penawar setelah makan daging sapi

5 Minuman Penawar Setelah Makan Daging Sapi

Menjelang Idul Adha, sajian daging sapi hasil kurban menjadi santapan yang disukai banyak orang. Tidak jarang, orang mudah kalap dalam mengonsumsi daging. Agar tetap aman untuk kesehatan, Anda dianjurkan untuk minum penawar setelah makan daging sapi.

Meski rasanya gurih dan nikmat, namun mengonsumsi daging sapi secara berlebihan dapat menimbun lemak dan kolesterol jahat yang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum penawar setelah makan daging sapi berikut.

Minuman Penawar Setelah Makan Daging Sapi

Agar bisa menikmati daging sapi, namun tetap aman untuk kesehatan, berikut beberapa minuman penawar setelah makan daging sapi yang bisa menetralisir tubuh:

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu pilihan minuman penawar setelah makan daging sapi yang bisa Anda coba. Hal ini dikarenakan teh hijau dapat membantu menetralisir lemak di tubuh. Penelitian menemukan bahwa teh hijau sebagai minuman kaya antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk memudahkan tubuh dalam membuang lemak yang menumpuk, serta meningkatkan metabolisme pencernaan. Oleh karena itu, setelah Anda makan seporsi olahan daging kambing maupun sapi, pastikan untuk minum 200 mililiter teh hijau agar lemak tidak menumpuk.

2. Minuman rempah

Minuman rempah, seperti kunyit dan air jahe, sejak lama dikenal sebagai obat herbal alami. Kedua rempat tersebut sangat baik untuk dikonsumsi setelah banyak mengonsumsi banyak olahan daging. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat fitonutrien dan kurkumin yang melimpah dalam kunyit dan air jahe. Studi dari Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa mengonsumsi 500 gram kurkumin dalam air kunyit dapat menurunkan kolesterol jahat akibat makan daging. Selain itu, mengonsumsi air jahe juga bisa mengurangi kadar lemak berlebih.

3. Jus jeruk

Anda penggemar jus jeruk? Sebaiknya pertahankan kebiasaan minum segelas jus satu ini. Selain rasanya yang segar, jus jeruk juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam jeruk bisa mengurangi kadar kolesterol dan melarutkan lemak tubuh, terlebih setelah mengonsumsi daging sapi. Peneliti asal University of Nebraska Amerika Serikat, Jidong Sun, menemukan bahwa kandungan d-limone dalam jeruk bisa menyembuhkan berbagai penyakit kritis, mulai dari jantung hingga kanker payudara.

4. Jus jambu biji

Jus jambu biji juga bisa dijadikan sebagai minuman penawar setelah makan daging sapi. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ketika minum segelas jus jambu atau makan buahnya langsung, maka Anda sudah memenuhi asupan serat baik sebesar 8,9 gram. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin dan mineral yang dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga bisa mencegah penyakit jantung.

5. Jus apel

Penawar setelah makan daging sapi lainnya adalah jus apel yang dapat menetralisir dan membuang lemak jahat dalam tubuh. Apel diketahui tinggi akan pektin, yaitu sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian dalam jurnal dari University of Reading pada 2005 menemukan bahwa rutin minum jus apel bermanfaat untuk membantu mencegah risiko penyakit jantung. Selain itu, polifenol atau antioksidan dalam apel juga dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout