5 Menu Diet Rendah Kalori

menu diet rendah kalori

5 Menu Diet Rendah Kalori

Salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Dengan mengonsumsi makanan rendah kalori, Anda bisa membatasi asupan kalori setiap hari agar diet berjalan lebih optimal. Apa saja menu diet rendah kalori?

Makanan rendah kalori umumnya termasuk makanan yang sehat. Namun, Anda perlu memperhatikan kadar nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi agar gizi tetap terpenuhi. Berikut daftar menu diet rendah kalori yang bisa Anda coba.

Menu Diet Rendah Kalori

Dikutip dari Very Well Fit, berikut beberapa rekomendasi menu diet rendah kalori:

1. Dada ayam

Dada ayam merupakan salah satu makanan rendah kalori yang dianjurkan bagi Anda yang sedang diet. Dada ayam memiliki kalori yang cukup rendah, namun memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan, karena tinggi protein.

2. Apel 

Rekomendasi menu diet rendah kalori selanjutnya adalah apel. Apel mengandung banyak nutrisi, salah satunya serat, yang baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Wortel

Wortel juga bisa Anda masukkan dalam diet rendah kalori. Selain itu, wortel juga kaya akan vitamin. Caranya, Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara direbus atau bisa dijadikan sebagai jus untuk dikonsumsi saat diet.

4. Bayam

Bayam juga merupakan salah satu menu diet rendah kalori yang dianjurkan. Bayam memiliki rasa lezat dan cocok dijadikan sebagai menu utama. Selain itu, bayam juga tinggi akan zat besi, yang baik untuk mencegah anemia. 

5. Brokoli

Untuk diet rendah kalori, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi brokoli. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti serat, antioksidan, vitamin A, dan vitamin C. Dengan mengonsumsi brokoli, Anda bisa kenyang lebih lama. Namun, asupan kalori tetap rendah, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Dikutip dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), berikut cara menghitung kalori:

Ukur tinggi badan (TB) dalam satuan cm dan berat badan (BB) dalam satuan kg. Hitung berat badan ideal (BBI) dengan rumus BBI = (TB – 100) – (10% dari hasil tinggi badan – 100). Satuan BBI adalah kg/m. 

Untuk menghitung kebutuhan kalori basal (KKB) dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Laki-laki = 30 kkal x BBI dan perempuan = 25 kkal x BBI. Jumlah kalori basal adalah kalori yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Jumlah tersebut belum termasuk kebutuhan kalori total.

Setiap individu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelamin. Oleh karena itu, mengonsumsi menu diet rendah kalori juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda. Namun, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2.000 kalori setiap harinya.

Konsultasikan dengan ahli gizi agar Anda bisa mengetahui jumlah kalori yang sesuai dengan kondisi tubuh, mencakup usia, jenis kelamin, aktivitas fisik harian, metabolisme, tinggi dan berat badan, serta kondisi kesehatan tertentu.

Mengonsumsi makanan berdasarkan kebutuhan kalori sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Kalori memang membuat tubuh berenergi, namun mengonsumsi kalori yang melebihi kebutuhan tubuh bisa membuatnya menumpuk di tubuh dan tersimpan sebagai lemak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout