Blog

makanan yang menurunkan kolesterol

5 Jenis Makanan yang Menurunkan Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Apa saja jenis makanan yang menurunkan kolesterol?

Meski kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel baru dan membentuk vitamin D, namun jika kadarnya berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang menurunkan kolesterol berikut.

Makanan yang Menurunkan Kolesterol

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi, antara lain bayam, kangkung, dan arugula.

2. Apel

Jika Anda sering mengupas apel saat memakannya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Dikutip dari Harvard Health Publishing, kulit apel mengandung pektin, yaitu sejenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

3. Ikan salmon

Selain memiliki kandungan kolesterol yang rendah, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 bermanfaat untuk menguragi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardivaskular dan stroke. Agar lebih sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan salmon dengan cara digoreng.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

4. Alpukat

Dikutip dari Journal of the American Heart Association, mengonsumsi alpukat 1 kali sehari bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL pada seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan beta-sistosterol atau sejens lemak nabati pada alpukat bisa menurunkan koleserol.

5. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung fitosterol yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

Cara Menurunkan Kolesterol Lainnya

Tidak hanya mengonsumsi makanan yang menurunkan kolesterol, Anda juga perlu menerapkan beberapa kebiasaan berikut:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Lakukan olahraga yang Anda sukai setidaknya 30 menit per hari, minimal 3 kali seminggu agar manfaatnya bisa lebih optimal.

2. Kurangi makanan yang mengandung lemak

Memperhatikan jumlah lemak yang dikonsumsi adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Selain itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti susu tinggi lemak dan daging merah. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

3. Kurangi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan juga bisa meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol dan tekanan darah. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kurangi minuman beralkohol atau bahkan tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

4. Berhenti merokok

Merokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah dan merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kolesterol tetap normal dan mencegah kolesterol tinggi.

Agar kolesterol tetap normal, sebaiknya lakukan tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout