Blog

Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan tipes:

4 Obat Tipes Alami untuk Mempercepat Penyembuhan

Tipes merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi dan ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Selain pengoabatan medis, Anda juga bisa menggunakan obat tipes alami untuk mempercepat penyembuhannya.

Tipes merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya jika tidak ditangani segera. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi gejala tipes sejak awal dengan beberapa obat tipes alami berikut. 

Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan tipes:

1. Cuka apel

Cuka apel memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengganti energi yang hilang pada penderita tipes. Cuka apel memiliki sifat asam yang bermanfaat untuk membantu menurunkan suhu tubuh secara efektif. Selain itu, kandungan mineral dalam cuka apel juga dapat menggantikan mineral yang hilang akibat diare. Caranya, siapkan setengah sendok teh cuka apel, sedikit madu, dan segelas air, kemudian campurkan bahan-bahan tersebut. Setelah itu, minum sebelum makan selama 5-7 hari untuk hasil yang optimal.

2. Bawang putih

Tidak hanya menambah kelezatan dalam masakan, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati tipes. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antimikroba yang dapat membuang racun berbahaya dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh terjaga dan proses penyembuhan tipes semakin cepat. Selain dikonsumsi secara langsung, bawang putih juga bisa digunakan dengan beberapa cara berikut:

  • Siapkan setengah sendok teh bawang putih yang telah dihaluskan, secangkir susu, dan air sebanyak empat gelas.
  • Campurkan semua bahan.
  • Rebus campuran tersebut hingga hanya tersisa seperempat.
  • Minum tiga kali dalam sehari.

3. Daun basil

Bahan alami yang dapat mengatasi tipes lainnya adalah daun basil. Daun ini memiliki sifat antibakteri dan antibiotik yang efektif membunuh bakteri Salmonella typhi dalam tubuh. Selain itu, daun basil juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan demam. Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan 20 helai daun basil, 1 gelas air, dan 1 sendok teh jahe yang sudah dihaluskan.
  • Rebus semua bahan hingga berkurang setengahnya.
  • Untuk menambah sensasi manis, tambahkan sedikit madu.
  • Minum campuran tersebut setidaknya 2-3 kali sehari hingga benar-benar sembuh.

4. Pisang

Bagi Anda yang gemar makan pisang, sebaiknya pertahankan kebiasaan ini. Kandungan serat larut atau pektin dalam pisang bermanfaat untuk menyerap cairan di usus, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya tipes. Selain itu, pisang mengandung kalium yang berkhasiat menggantikan elektrolit yang hilang karena demam atau diare.

Untuk menggunakannya sebagai obat tipes alami, Anda bisa mengonsumsi 2-3 pisang setiap harinya. Selain itu, Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Siapkan dua buah pisang, satu sendok teh madu, dan setengah cangkir yogurt.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut.
  • Konsumsi campuran tersebut sebanyak 2-3 kali setiap hari hingga benar-benar sembuh.

Sebelum mengonsumsi beberapa obat tipes alami untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya efek samping atau reaksi terhadap obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. 

Untuk mencegah tipes, Anda bisa mendapatkan vaksinasi tifoid yang dianjurkan oleh pemerintah, meski belum masuk dalam kategori wajib.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout