Blog

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan obat sakit gigi alami berikut

4 Obat Sakit Gigi Alami yang Efektif

Rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dapat membuat aktivitas sehari-hari Anda terganggu, bahkan mengganggu waktu tidur. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya obat sakit gigi alami.

Obat sakit gigi alami mudah ditemukan dan bisa dibuat sendiri di rumah. Hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah, Anda bisa mengobati sakit gigi secara efektif. Berikut beberapa obat sakit gigi alami yang direkomendasikan.

Tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, sakit gigi juga bisa disertai dengan gejala lain, seperti gigi bengkak, perdarahan di gigi, dan sakit kepala. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan obat sakit gigi alami berikut:

1. Garam

Caranya, siapkan setengah sendok teh garam dan air hangat, campurkan keduanya, lalu gunakan sebagai obat kumur. Air garam berperan sebagai disinfektan alami yang berfungsi untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka di mulut. Selain itu, berkumur air garam juga dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan kotoran yang tersisa di gigi.

2. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mengandung eugenol yang memiliki sifat antiseptik alami. Untuk menggunakannya sebagai obat sakit gigi alami, siapkan 3 tetes minyak cengkeh dan seperempat sendok teh minyak zaitun, kemudian campurkan, masukkan kapas ke dalam campuran tersebut hingga menyerap, lalu tempelkan kapas tersebut di bagian gigi yang sakit.

Minyak cengkeh bisa didapatkan di berbagai toko obat. Meski efektivitas minyak cengkeh dalam mengobati sakit gigi belum bisa dipastikan, namun cara ini diketahui bisa mengurangi nyeri dari sakit gigi.

3. Teh peppermint

Anda juga bisa mengonsumsi teh celup peppermint untuk mengobati sakit gigi secara efektif. Caranya mudah, yaitu seduh teh peppermint, angkat dan dinginkan kantong teh tersebut di dalam freezer selama beberapa menit. Setelah itu, gigit kantong teh peppermint dengan menggunakan bagian gigi yang sakit. 

4. Bawang putih

Bawang putih dikenal sejak lama sebagai obat sakit gigi alami, karena dapat mengurangi rasa nyeri dari sakit gigi, serta membunuh bakteri di plak gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih, yaitu siapkan satu siung bawang putih, hancurkan hingga halus, kemudian oleskan ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyahnya secara langsung untuk mengobati sakit gigi.

Selain menggunakan obat sakit gigi alami di atas, Anda juga perlu menjaga kebersihan gigi. Hal ini dikarenakan sebagian besar penyebab sakit gigi adalah tidak bersihnya gigi dan mulut. Oleh karena itu, biasakan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Pastikan Anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut dengan gagang yang mudah digenggam dan menjangkau semua bagian gigi yang sulit dibersihkan.

Jika Anda sudah menggunakan obat alami di atas, namun sakit gigi tidak sembuh atau disertai dengan beberapa gejala lain, seperti pipi dan rahang membengkak, sulit menelan, sulit bernapas, telinga sakit, gusi merah, dan demam, segera periksakan diri ke dokter gigi untuk diperiksa penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout