Blog

cara mengatasi rambut rontok berlebihan

3 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Rambut rontok sering kali menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Meski tidak berbahaya dan bisa terjadi pada semua orang, rambut rontok berlebihan dapat memicu kebotakan. Bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan?

Salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan-bahan alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok berlebihan:

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin A, vitamin D, zat besi, dan protein yang dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan aloe vera dalam lidah buaya juga mampu mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit. Caranya, cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mengurangi rambut rontok.

2. Minyak zaitun

Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi, dan kalsium dalam minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan sampo. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Yoghurt

Yoghurt bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, karena mengandung kalsium, vitamin D, kalium, dan protein yang dapat membantu memperkuat akar rambut. Caranya, cukup oleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

Tips Mencegah Rambut Rontok

Selain menggunakan bahan alami, Anda juga perlu menghentikan beberapa kebiasaan buruk dan menerapkan beberapa kebiasaan baik untuk mencegah rambut rontok berlebihan berikut:

  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
  • Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  • Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat keramas menjadi lebih lembut dan hindari menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
  • Gunakan sisir bergigi jarang.
  • Biasakan diri mengonsumsi pola makan dengan gizi seimbang setiap hari.

Faktor Pemicu Rambut Rontok

Berikut beberapa penyebab rambut rontok berlebihan yang perlu Anda ketahui:

1. Kurangnya asupan gizi

Asupan gizi yang kurang menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok. Selain itu, orang yang menjalani diet ketat juga bisa mengalami kerontokan rambut sebagai efek sampingnya.

2. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Misalnya, obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

3. Pengaruh psikologis

Rambut rontok juga disebabkan oleh kondisi psikologis, seperti depresi, stres, atau tekanan fisik yang berat, misalnya setelah menjalani operasi besar atau setelah melahirkan.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormonal akibat kehamilan, persalinan, gangguan tiroid, dan menopause, juga bisa menyebabkan rambut rontok berlebihan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout